Melalui Stiker, DLH Ajak Semua Kalangan Jaga Lingkungan Ruang Terbuka Hijau

Foto : Stiker (jagalah kebersihan untuk kebersihan bersama) yang sudah beberapa hari di pasang oleh pihak DLH Kabupaten Lebak, berdampak positif dari pengunjung.

LEBAK – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebak, mengajak semua kalangan masyarakat umum untuk senantiasa menjaga dan melindungi taman Ruang Terbuka Hijau (RTH). Salah satunya, di kawasan RTH taman Museum Multatuli yang letaknya tidak jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Lebak.

“Kita bukan sekedar wacana untuk mengajak semua kalangan dalam menjaga dan melindungi RTH di sekitaran taman-taman yang ada di Kecamatan Rangkasbitung,” kata Kepala DLH Kabupaten Lebak, Nana Sundjana saat ditemui di RTH taman Museum Multatuli, Selasa (3/9).

Dia menjelaskan bahwa pemasangan informasi menggunakan stiker dengan tema jagalah kebersihan untuk kebersihan bersama, setidaknya dapat meminimalisir pengunjung yang tidak dengan sengaja akan membuang sampah sembarangan tidak akan terjadi.

“Salah satu contoh. Beberapa pengunjung yang diperhatikan dari pagi tadi (kemarin-red) setelah membaca tulisan pada stiker tersebut, telah melakukan buang sampah pada tempatnya,” terang Nana.

Menurut dia, pemasangan stiker tersebut bukan hanya di RTH taman Museum Multatuli, akan tetapi di areal RTH yang diantaranya, di sekitaran Jembatan Kampung Keong, Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar dan di RTH Taman Hati yang berada di jalan Hardiwinangun.

“Intinya, mari kita sama-sama menjaga lingkungan yang bersih. Karena kalau bukan dari kita sendiri lalu siapa lagi,” imbaunya.

Sementara Ebin Cupex salah seorang pengunjung Museum Multatuli mengaku bahwa tempat yang saat ini sudah mengalami banyak perubahan disertai banyaknya pepohonan yang membuat serasa nyaman duduk di areal taman museum ini, tentu alangkah tidak eloknya ketika RTH yang terawat ini dipenuhi sampah.

“Adanya stiker permintaan untuk tidak buang sampah sembarangan, ide tersebut merupakan salah satu upaya meminimalisir akan banyaknya sampah berserakan,” imbuhnya.

Ia menuturkan, selama pihaknya duduk bersama rekan-rekannya belum ditemukan adanya sampah plastik yang berserakan, baik disudut taman maupun di tengah-tengah tumbuh-tumbuhan.

“Warga Lebak, dikenal santun dan tidak pemalas, dengan areal yang menunjukkan bersihnya taman, merupakan sebuah gambaran bahwa masyarakat di Lebak pada rajin,” katanya. (JM/yaris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 3 =