Gelar KB – Kes, Kodim Lebak Gandeng Dinas BKKBN

LEBAK – Kodim 0603 Lebak bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melakukan kegiatan KB-Kes, bertempat di halaman Makodim 0603 Lebak.

Dalam kegiatan ini hadir Wakil Bupati Lebak, Kadis Kesehatan,Sekertaris dan Kepala Bidang BKKBN Lebak, Rabu (29/8).

Untuk KB-Kes tahun ini terus mengalami peningkatan peserta aseptornya,cuma dari peserta aseptor Laki laki di kontrasepsi masih kurang agak susah, berbeda dengan ibu ibu, kalau ibu ibu sudah biasa dan itu yang harus di dorong dari akseptor laki laki. Program ini sudah jadi agenda rutin tahunan yang di laksanakan tiap tahun,perkembangannya cukup bagus,kegiatan ini bekerja sama dengan BKKBN Lebak.

“Jadi secara Undang undang ini suatu kewajiban untuk membantu pemerintah daerah dan salah satunya program keluarga berencana yang di padukan dengan kesehatan,tujuan diselenggarakannya, bagaimana untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkwalitas tidak hanya mengatur dan membatasi jumlah anak, tidak hanya sekedar itu, tetapi bagaimana kita bisa membuat masyarakat itu menjadi sejahtra dengan cara meningkatkan kwalitas hidup mereka dengan meningkatkan kwalitas manusianya,” ujar Dandim 0603 lebak Letkol Arh Yudha Setiawan kepada media di ruang kerjanya.

Lanjut Yudha, kegiatan KB-Kes ini dari masyarakat luar dan juga anggota TNI yang di dorong untuk ikut program KB, dari masyarakat luarlah justru jadi perhatian kita, para babinsa yang ada di koramil koramil berupaya untuk mensosialisasikan kemudian mengajak masyarakat untuk ikut bersama dalam program KB, sasarannya adalah masyarakat dan TNI hanya menjebatani dengan cara menggerakan masyarakat di wilayah masing masing koramil.

“Selama ini mereka mungkin belum paham semua tentang KB, disitulah para babinsa mensosialisasikan, apa sih KB itu, apa manfaatnya bagi keluarga. Kalau banyak anak sedangkan penghasilan pas pasan kasihan anak, tapi dengan anak dua dan penghasilan terbatas akan lebih mudah untuk membagi waktu untuk kebutuhan anak.

“Harapannya semakin banyak, secara kuantitas mengikuti program ini semakin baik,yang terpenting secara kwalitas,” terang Dandim Lebak.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera Lebak, Muzakir Hakiki Atim mengatakan, pencanangan KB-Kes didalamnya termasuk pelayanan KB dan Kesehatan memang sebagai Satkorlapnya itu adalah Pak Dandim dari Pemkab ini pelayanan sebanyak 250 inflan, Iud sebanyak 16, dan MOP sebanyak 6, dan ini sudah di lakukan semua,ini sudah di lakukan dari tahun ketahun sudah banyak peningkatan 87 persen,ini jadi kegiatan rutin setiap tahun.

“Harapanya yang pertama pada peserta KB pria yang selama ini tiap tahun pesertanya wanita semua,nanti kedepan peran para pria mengikuti KB,jadi ada semacam genser, sasaran kedepannya bukan hanya pada wanita saja, tapi laki laki tetap ikut,” pungkas Muzakir.(zul/ade/yaris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × one =