Pejabat Esselon II, III, IV dan Pelaksana Pemda Lebak Ikuti Uji Kompetensi

Foto : 215 Pejabat Esselon II, III, IV dan Pelaksana Pemda Lebak ikuti Uji Kompetensi.

LEBAK – Tim penguji dari Pusat Studi Kebijakan negara (PSKN) Fakultas Hukum Universitas Padjajaran Bandung bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Lebak melaksanakan Uji Kompetensi bagi Pejabat eselon II, III dan IV serta pelaksana di lingkungan Pemerintah Daerah setempat.

Uji kompetensi ini dihadiri sekaligus dibuka oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, di Aula Mulltatuli Setda Lebak, Selasa (27/8/2019).

Bupati Lebak dalam sambutannya mengatakan, tujuan diselenggarakannya uji kompetensi yaitu untuk mendapatkan informasi yang objektif mengenai karakter, keahlian dan kemampuan atau kompetensi, baik dari segi kompetensi dari masing-masing Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Melalui pelaksanaan uji kompetensi ini diharapkan kita memiliki data karakter, keahlian dan kompetensi yang dimiliki oleh setiap ASN yang akan kami gunakan sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi dalam rangka penempatan dalam jabatan maupun dalam rangka peningkatan kompetensi ASN melalui pendidikan dan pelatihan sehingga didapatkan ASN yang profesional dalam melaksanakan pembangunan dan pelayanan publik,” terang Iti.

Sementara itu Ketua Program Studi Doktor Dan Magister Ilmu Hukum, sekaligus tim penguji dari Pusat Studi Kebijakan negara (PSKN) Indra Perwira mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari evaluasi kinerja berdasarkan Undang-Undang ASN.

“Secara periodik, kinerja ASN harus dievaluasi guna menempatkan ASN berdasarkan kompetensinya di tempat yang tepat (Right Man in The right place),” tandasnya.

Lebih lanjut Indra menjelaskan, untuk menjadi pemimpin tidak cukup dengan berkompeten saja, tetapi harus di combaine/gabung dengan rasa sensitifitasnya terhadap masyarakat.

“Kami berharap dengan kegiatan ini akan membuat teman-teman ASN percaya diri dalam mengemban tugas terutama dalam pelayanan publik, dan tahu persis apa peran mereka di masyarakat, dengan hal ini membuat lebak akan lebih maju,” imbuhnya.

Kegiatan Ujikom ini sendiri akan dilaksanakan selama dua hari, yakni tanggal 27-28 Agustus 2019 dengan dua jenis tes yaitu, Tes Wawancara untuk pejabat Esselon II dan III, dan Tes Tertulis untuk sebagian pejabat Esselon III dan IV serta Staff. (bud/yaris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *