Sirup Aren Lebak Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia

LEBAK – Melalui Tagline Bela Beli Produk Lebak, serta visi pemerintah daerah menjadikan lebak sebagai wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal, Pemkab Lebak terus mendorong dan mendukung pemberdayaan Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) sebagai salah satu tools pendorong dalam pengoptimalan sektor wisata.

Sirup aren produk asli lebak dari Lebak Ekonomi Kreatif (Leekraf) sebagai salah satu produk unggulan hasil olahan dari bahan dasar aren, mendapatkan pengakuan dan apresiasi dengan masuk dalam tahap kedua seleksi dari program Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2019 yang di selenggarakan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia dengan kategori Minuman Terpopuler Dari Kabupaten Lebak.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat mengkampanyekan salah satu produk unggulan UMKM lebak sirup aren bersama Leekraf, mengatakan bahwa pemerintah daerah terus berupaya mengangkat serta mempromosikan produk UMKM melalui program-program seperti memasukan produk UMKM ke gerai-gerai retail besar seperti Alphamart dan Indomart dan membangun gerai pusat UMKM yakni Plaza UMKM yang diharapkan mampu menjadi sentra oleh-oleh khas Kabupaten Lebak sebagai wujud keseriusan pemerintah dalam mendukung dan mendorong pemasaran produk UMKM Lebak guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan masuknya produk sirup aren ke tahap kedua program API menyisihkan produk sejenis daerah lain, menjadi bukti produk UMKM kita tidak kalah kualitas dengan produk derah lain, dan semoga ini menjadi motivasi dan inspirasi bagi para pelaku UMKM lainnya untuk terus berinovasi agar produk UMKM kita dapat diterima dan di akui baik dalam daerah maupun luar daerah,” jelas Bupati Lebak saat menikmati minuman dari sirup aren yang diakuinya memiliki rasa dan aroma yang khas.

Sementara itu, Ketua Lebak Ekonomi Kreatif (Leekraf) Andi yang juga pelaku UMKM dari produk Sirup Aren mengatakan, denga peran pemerintah yang turut membantu mempromosikan produk UMKM lebak, khususnya sirup aren yang tengah mengikuti seleksi program API, semoga mampu mendapat dukungan dari masyrakat lebak untuk memberikan vote pada sirup aren di program API sehingga dapat keluar sebagai juara minuman terpopuler program API.

“Dengan dukungan langsung pemerintah khususnya Bupati Lebak semoga sirup aren mampu menjadi juara di program API, dan mampu memberikan dampak positif dalam promosi komoditas produk UMKM maupun nama daerah lebak di kancah nasional,” ungkap Andi.

Untuk diketahui Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2019 merupakan penyelenggaraan tahun ke-4 yang diikuti oleh 34 Provinsi dan 143 Kabupaten/Kota dengan menampilkan 180 nominasi yang termasuk dalam 18 kategori. Mulai dari kategori makanan tradisional, wisata olahraga & petualangan, wisata halal hingga surga tersembunyi.

Seperti penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya, periode voting akan dilakukan pada tanggal 01 Juni 2019 sampai dengan 31 Oktober 2019. Sedangkan pengumuman juara yang sekaligus pelaksanaan Malam Anugerah rencananya akan dilaksanakan pada minggu ke-3 bulan November 2019. (JM/yaris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty + 16 =