TPID Cluster ll Kabupaten Lebak Melakukan Pelatihan PSDM

LEBAK – Team Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kabupaten Lebak Melakukan Pelatihan PSDM di Desa Wantisari, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Jum’at (23/8/2019).

Andes Widiansah koordinator tenaga ahli P3MD Kabupaten Lebak mengatakan mempersiapkan aparat desa dan kader desa dapat mempasilitasi kegiatan konvergensi pencegahan stunting secara rinci.

“Diharapkan pendamping desa dan pendamping lokal desa nanti kedepan untuk membantu mereka yang pertama aparat desa untuk mempasilitasi terkait dengan proses perencanaan yang akan di masukan ke dalam APBDes yang mungkin minggu minggu ini adalah musyawarah desa RKPDes,” ujarnya.

Tapi, jelas dia, sebelumnya akan dilaksanakan oleh kader desa terkait dengan pendataan, jadi kader desa ini akan mendata terkait dengan sampai sejauh mana penanganan stunting yang ada di desanya nanti akan di peroleh konvergensi pencegahan stunting nya.

“Makanya sekarang diadakan pelatihan aparat desa dan kader desa,” imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk harapan kedepannya dengan adanya kegiatan ini di desa itu harus di ketahuai terdapat stuntingnya tinggi apa tidak, dan termasuk dengan Penanganan nya.

“Jadi kalo di desa itu stuntingnya tinggi maka nanti di kita itu ada RDS Rumah desa sehat yang termasuk, perangakt desa dan kader desa nti akan membahas usulan penanganan stunting tergantung dari masalahnya masing masing apakah butuh ambulans, posyandu, infrastruktur paud apakah btuh kader desa atau mungkin dari makan tambahan nya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini dilaksanakan di MTS AL-HIDAYAH, jumlah 143 peserta dari 55 desa 5 kecamatan yaitu kecamatn cimarga, kalanganyar, cirinten, bojongmanik, leuwidamar.(eza/yaris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eight − one =