oleh

Di Lebak, Sambut HUT RI Ke-74, Ribuan Peserta Meriahkan Pawai Obor

LEBAK – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-74 dalam tiap tahunnya di Kabupaten Lebak digelar acara Taptu, yakni tradisi pawai berjalan kaki dengan membawa alat penerangan obor dan upacara pawai obor.

Inspektur Upacara (Irup) pawai obor ini dipimpin oleh Komandan Kodim (Dandim) Kodim 0603 Lebak, Yuda Setiawan, bertempat di Lapangan Apel Setda Lebak, Jum’at malam (16/8/2019).

Moment pawai obor dan upacara tersebut dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Lebak Ade Sumardi beserta Jajaran dan Unsur elemen Masyarakat

Digelarnya kegiatan tradisi pawai obor jelang HUT Kemerdekaan RI ini diikuti oleh ribuan peserta pawai terdiri dari pelajar siswa siswi sekolah, juga sangat antusias disaksikan oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Lebak.

Adapun rute pawai obor tersebut bermula dari Alun-alun menuju jalan Multatuli, dan melewati Makam Pahlawan, berakhir kembali berkumpul di tempat semula.

Pawai Obor berlangsung sangat tertib, terlebih dahulu dilakukan pemasangan api obor sebelum dilepas oleh Komandan Kodim 0603 Kabupaten Lebak, sekira pukul 20. 00 WIB dilakukan pelepasan pawai obor dan berakhir sekira pukul 21. 00 WIB.

Adapun rute pawai obor dilepas dari Alun-alun menuju jalan Multatuli, dan melewati Makam Pahlawan, berakhir kembali berkumpul di tempat semula.

Wabup Lebak, Ade Sumardi menjelaskan, kegiatan ini untuk mengenang bagaimana para pejuang kita dalam memerdekakan bangsa ini.

“Kita selaku generasi muda penikmat kemerdekaan, jangan sampai merusak bangsa ini. Dan generasi muda harus tahu sejarah bangsanya, dan dapat menjaga ideologi bangsa ini, karena itu merupakan warisan bangsa,” katanya usai usai upacara pawai obor.

Sementara Dandim Kodim 0603 Lebak, Yuda Setiawan mengatakan, bahwa pawai obor merupakan simbol, dimana melalui simbol cahaya obor yang terang dan menyala, generasi muda dapat senantiasa bersemangat dalam mengisi kemerdekaan, dengan berkontribusi positif untuk kemajuan bangsa dan negara.

“Kami menginginkan agar generasi muda saat ini, generasi muda yang memiliki akhlak dan moral yang baik, dan harus selalu kreatif, produktif, bertisipasi dan berperan baik dalam membangun bangsa dan negara,” imbaunya. (bud/yaris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed