Tingkatkan Mutu Peserta Didik, Pemkab Pandeglang Gandeng LOPI Sains

PANDEGLANG – Pendeglang adalah salah satu Kabupaten yang terentaskan dari kategori tertinggal. Sejalan dengan hal itu, Bupati Pandeglang menginginkan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dimulai dari peserta didik.

“Kami minta kerjasamanya kepada Lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesia (LOPI) Sains untuk memberikan metode yang harus diterapkan, agar para peserta didik di Pandeglang lebih berkualitas dan dapat menjadi agen pembaharu,” kata Bupati Irna Narulita saat bertemu dengan ketua LOPI Sains di Pendopo Pandeglang, Jum’at (16/8).

Dikatakannya, selain peserta didik, dirinya juga harap ada kegiatan khusus agar dapat memberikan pencerahan kepada para guru agar peningkatan kompetisi bagi para guru pengajar dan kepala sekolah.

“Harus ada kegiatan khusus untuk peserta didik dalam meningkatkan kompetensi,” tandasnya.

Menurut Irna, sejauh ini lomba sains sering dilaksanakan. Namun, saat ini kata Irna terkesan hanya seremoni saja.
“Kami ingin ada peningkatan kualitas, oleh sebab itu kami mengajak bekerjasama dengan LOPI agar dapat meningkatkan kualitas anak didik Pandeglang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua LOPI Indonesia, Donald Tambunan mengatakan, LOPI sudah sepuluh tahun menangani olimpiade Sains nasional. Hal ini kata dia dilakukan agar prestasi Sains jangan hanya dari jakarta saja.

“Kita bina guru dan siswa sehingga terjadi peningkatan mutu. Dan itu terbukti di beberapa Provinsi, semoga Banten dimulai dari Pandeglang,” imbuhnya.

Dalam peningkatan peserta didik diungkapkan Donald, memang ada olimpiade rutin yang dilakukan secara berjenjang. Namun itu saja tidak cukup, harus ada kompetisi khusus yang dilaksanakan untuk mengasah para peserta didik.

“Konsepnya bisa dibuat nanti, olimpiade sudah terjadwalkan yaitu bulan Februari tingkat kabupaten, April tingkat Provinsi, Juni dan Juli tingkat Nasional. Untuk Pandeglang kita akan buat khusus misalnya olimpiade Sains piala Bupati,” pungkasnya. (dni/yaris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × one =