Pemprov Banten Siap Gelontorkan Bantuan Untuk Korban Gempa Bumi Pandeglang

PANDEGLANG – Pihak Provinsi Banten siap menggelontorkan bantuan sosial berbentuk uang tunai untuk para korban bencana gempa bumi di Pandeglang.

“Yang rumahnya rusak ringan akan kami bantu 5 juta rusak sedang 10 juta,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten, Kusmyadi saat bertemu Bupati Pandeglang, Irna Narulita di Pendopo, Selasa (06/08).

Dikatakan Kusmayadi, awalnya untuk rumah rusak berat akan dibantu juga sebesar 25 juta. Namun, kata dia, ada infotmasi jika rusak berat akan dibantu BNPB.

“Yang rusak berat akan dibantu langsung BNPB dengan dibangunkan rumah model Rumah Instan Sehat Sederhana (RISSA),” terangnya.

Terkait realisasi bantuan, Kusmayadi menjamin jika SK tanggap darurat sudah selesai, bantuan ini sudah dapat langsung dicairkan.

“Jika tadi dikatakan SK nya sudah selesai, silahkan ajukan bisa langsung dicairkan,” katanya.

Menanggapai hal tersebut, Bupati Pandeglang Irna, Narulita mengatakan jika SK tanggap darurat sudah selesai tinggal pengajuan.

“Kami akan segera ajukan agar bantuan bisa segera terealisasi untuk warga kamu yang tertimpa bencana. Kami ucapkan terimakasih kepada Pemprov Bantuan yang telah digulirkan,” ujarnya, seraya menambahkan, bahwa data sementara untuk rumah roboh akibat gempa sebanyak 553 rumah yang tergabung dalam rusak ringan, sedang, dan berat. Kita akan segera plenokan agar bisa segera diajukan. (dni/yaris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *