Seminar Pelatihan IKM/UKM, Bupati Lebak : Sektor Industri Kecil Dan Menengah Salah Satu Sektor Padat Tenaga Kerja 

LEBAK – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya bersama Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi membuka secara resmi Seminar Pelatihan IKM/UKM sekaligus meluncurkan Produk IKM/UKM Lebak oleh PT . Sumber Alfaria Trijaya TBK bertempat di Gedung Saung Kreatif UMKM Plaza Lebak, Banten, Kamis (18/7/2019)

Dihadapan para pelaku ekonomi kreatif lebak, Bupati Lebak menjelaskan bahwa sektor industri kecil dan menengah merupakan salah satu sektor padat tenaga kerja sehingga sangat efektif dalam penyerapan tenaga kerja khususnya masyarakat disekitarnya, sektor ini juga dikatakan Bupati merupakan salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi serta pelayanan masyarakat sehingga pemerintah daerah terus menumbuhkan potensi pada bidang ini dengan program yang relevan salah bukti konkrit nya yaitu mendorong pemasaran produk IKM/UKM yang bekerja sama dengan retailer-retailer sehingga dapat meningkatkan pertumbukan dan produktifitas para pelaku IKM/UKM di Kabupaten Lebak

“Sampai tahun 2019 sudah 15 produk dari 10 IKM kabupaten lebak yang dikerjasamakan pemasarannya dengan pihak retail yang ada di kabupaten lebak. kami harapkan kedepannya jumlah IKM yang melaksanakan kerjasama pemasaran produk dengan pihak retail supaya lebih banyak lagi minimal bertumbuh 100% dari jumlah tahun ini,” jelasnya.

Iti juga berharap kedepan melalui kegiatan ini produk-produk unggulan Kabupaten Lebak dapat lebih berkembang dan đikenal tidak hanya masyarakat lebak akan tetap berekspansi ke luar lebak dengan terus senantiasa meningkatkan kualitas dan kuantitas serta dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

“Kami pemerintah daerah mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras untuk terlaksananya kegiatan seminar dan peluncuran produk Lebak oleh Sumber Alfaria Trijaya,” ungkapnya.

Sementara itu, Corporate Communication General Manager Alfamart PT Sumber Alfaria Trijaya, Nur Rahman dalam sambutannya mengatakan, melalui kegiatan ini bagaimana prosedur para pelaku IKM/UKM lokal dapat memasarkan produknya di retail-retail besar sekaligus memberikan pelatihan terkait IKM itu sendiri.

“Kami mengajak para IKM untuk maju bersama melalui jaringan ritel yang dimiliki Pt. Sumber Alfaria Trijaya khususnya yang ada di kabupaten lebak,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilangsungkan beberapa Penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) yang dilakukan PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk dengan Dekranasda Lebak, KONI Lebak dan Penandatangan Berita Acara Seminar IKM / UKM dengan Dinas Perindustrian serta pemberian bantuan paket sekolah dengan Forum CSR Kabupaten Lebak

Untuk diketahui saat ini jumlah industri kecil dan menengah di Kabupaten Lebak sebanyak 15.769 unit usaha dengan menyerap tenaga kerja sebanyak 31.538 dan Pemkab Lebak telah melakukan berbagai upaya dalam mendorong sektor IKM agar terus tumbuh dan produktif yakni melakukan pelatihan, bimbingan teknis, memfasiltasi IKM untuk medapatkan legasitas usaha seperti P-IRT, sertifkasi halal, BPOM, Barcode, Expired, memberikan bantuan kemasan produk dan memberikan bantuan mesin dan peralatan. (bud/yaris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *