Bupati Lebak Tinjau Langsung Korban Bencana Banjir

LEBAK – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya meninjau sekaligus memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak banjir di beberapa kecamatan di Kabupaten Lebak, Kamis (23/5/2019)

Bupati Lebak ketika meninjau lokasi bencana mengungkapkan rasa duka yang mendalam serta prihatin kepada masyarakat yang terkena dampak banjir, terutama bencana ini terjadi pada bulan Ramadhan dimana masyarakat sedang menjalankan ibadah puasa.

“Semoga masyarakat diberikan ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi ujian ini,” ungkapnya.

Iti juga mengatakan, bahwa Pemerintah Daerah semenjak tadi malam telah menerjunkan personilnya untuk menyalurkan bantuan dan membantu para korban, serta menurutnya pemerintah daerah secepatnya akan membentuk tim penanggulangan pasca bencana untuk meringankan beban masyarakat.

“Kita telah menyalurkan bantuan, dan insyallah tercukupi untuk kebutuhan para masyarakat yang terkena dampak bencana banjir baik sandang dan papannya,” katanya.

Sementara itu, Camat Muncang, Lingga mengaku banjir yang terjadi di kecamatannya diakibatkan oleh intensitas hujan yang tinggi beberapa hari ini sehingga mengakibatkan meluapnya sungai Cilaki.

“Memang hanya sebentar meluapnya langsung surut kembali, akan tetapi mengibatkan banyaknya rumah yang hilang, kendaraan hingga hewan ternak yang hanyut terbawa banjir,” terangnya.

Untuk diketahui data sementara yang dihimpun pemerintah daerah bencana banjir berdampak pada 4 wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Muncang, Sajira, Cimarga dan Leuwidamar dan terparah terkena dampak bencana ada di kecamatan Muncang dan Sajira.

Inilah data sementara kerusakan yang diakibatkan bencana banjir Kecamatan Sajira Desa Margaluyu, 50 rumah terendam, 20 rumah rusak berat, 7 jembatan putus. Desa Sindangsari 17 rumah terendam, Desa Sukanagara 28 Kobong santri terendam, 2 rumah hanyut,24 rumah terendam, Desa Rangkas Maraya 3 rumah rusak berat,Kobong Ponpes 33 pintu, dapur umum dan Majlis Taklim rusak berat.

Sementara di Kecamatan Muncang Desa Sukanegara 4 rumah rusak berat, 7 warung rusak berat, Pagar SD roboh, Kobong Ponpes 6 pintu rusak berat,Desa Leuwi Co’o 1 rumah rusak berat tertimpa longsor dan 4 Rumah/bangunan yang terendam dan yang mengalami kerusakan adalah yg berlokasi di bantaran Sungai Cilaki.(bud/yaris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *