Sidak Pasar Pandeglang, Bupati : Harga Relatif Stabil, Penemuan Bahan Berbahaya Harus Disikapi

PANDEGLANG – Hari kedua bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah, Bupati Pandeglang Irna Narulita melakukan sidak harga di pasar tradisional Pandeglang. Menurut Irna, untuk saat ini harga masih relatif stabil, namun yang harus disikapi juga ditemukannya bahan berbahaya dalam makanan.

“Harga masih relatif stabil, saya harap para penjual harus hati-hati jangan sampai mengambil barang dari agen yang nakal sehingga akan merugikan kesehatan,” kata Irna usai sidak pasar didampingi Dandin 0601 Pandeglang Letkol Inf Denny Juwon Pranata, Sekda Pandeglang Pery Hasanudi dan pihak BPOM Serang, Selasa (8/5).

Irna mengungkapkan, setelah ditemukannya ada makanan yang mengandung bahan berbahaya beredar, tentu akan terus dilakukan pengawasan rutin agar para pedagang lebih faham dalam memilih makanan yang akan dijual.

“Ini tentu akan merugikan bagi kesehatan, bagi produsen yang membandel nanti akan berurusan dengan penegak hukum dan satgas pangan,” terangnya.

Terkait kenaikan harga, setelah pemantauan di beberapa pedagang Irna menilai relatif stabil.

“Kami khawatir ada lonjakan yang tinggi sehingga dapat merugikan konsumen, namun setelah melakukan pemantauan, ternyata harga masih relatif stabil diantaranya ayam 35 ribu/kg, bawang merah kenaikan hanya 2.000, namun bawang putih yang masih tinggi hingga ada yang 65 ribu/kg,” tutupnya.

Kepala Badan Pemeriksa Olahan Makanan (BPOM) Fizal Mustofa Kamil mengatakan, dari dua puluh enam (26) sampel ada enam bahan makanan yang mengandung bahan berbahaya.

“Tiga merk terasi mengandung roda min B, tiga makanan lainnya yang mengandung formalin yautu mie basah, tahu, dan cincau hitam,” terangnya.

Barang tersebut yang terindikasi mengandung bahan berbahaya kini diamankan sementara, hingga keluar hasil penelitian lebih lanjut.

“Kita nunggu uji laboraturium hingga tiga hari. Untuk pedagang akan dilakukan pembinaan, kita juga akan telusuri hingga ke produsen makanan,” ujarnya. (dni/yaris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *