Pelajar Tingkat SD dan SLTP Se-Kabupaten Pandeglang Ikuti Lomba Bercerita

PANDEGLANG – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Pandeglang menggelar lomba bercerita bagi anak-anak pelajar tingkat SD dan SLTP Se-Kabupaten Pandeglang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah dan secara resmi di buka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang Pery Hasanudin, Kamis (25/4).

Sekda Pandeglang, Pery Hasanudin dalam kesempatan itu sangat mengapresiasi, dimana semua peserta dari tingkat SD sampai SLTP diberikan kebebasan untuk membawakan cerita yang berasal dari cerita rakyat dalam rangka mengemembangkan budaya lokal.

“Untuk bisa bercerita para siswa tentunya harus gemar membaca, selain lebih mengenal cerita-cerita rakyat yang ada di daerah, tentunya lebih utama adalah meningkatkan minat baca bagi para siswa,“ ujarnya.

Ia menambahkan, lomba bercerita merupakan wadah bagi para generasi anak didik dalam menyalurkan kreatifitasnya, sehingga tunas-tunas bangsa mendapatkan banyak pengalaman dan wawasan. Apabila sering membaca dan bercerita percayalah mereka nanti termasuk orang yang sukses dan berhasil.

“Kegiatan lomba bercerita ini sangat baik, sebagai daya tarik untuk lebih meningkatkan minat membaca. Maka dari itu gemar membaca harus kita budayakan untuk mendorong generasi bangsa memiliki wawasan yang luas, sehingga menghasilkan para pemimpin yang cerdas,” imbuhnya.

Senada, dikatakan Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Ali Fahmi Sumanta, lomba bercerita ini dalam rangka meningkatkan minat dan budaya membaca dalam mengenalkan serta melestarikan budaya daerah melalui cerita rakyat Pandeglang kepada para siswa.

“Selain itu, lomba bercerita ini digelar dalam rangka melatih dan menanamkan rasa percaya diri serta keberanian untuk berkreasi dan berimprovisasi dalam menumbuhkan daya imajinasi dan kreatifitas siswa melalui bercerita,” katanya. (dni/yaris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *