RKPD Banten 2020 Pembangunan Bebasis Kewilayahan, Bupati Lebak Minta Diprioritaskan

TANGERANG – Guna menyelamatkan program dan kegiatan prioritas  pembangunan Provinsi Banten, Pemerintah Provinsi setempat menggelar Musyarawah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Banten Tahun 2020, di Hotel Yasmin Karawaci Curug, Tangerang, Banten, Jum’at (29/3/2019).

Musrenbang ini selain dihadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Banten serta para pejabat teras di Pemprov Banten, juga dihadiri oleh para kepala daerah atau yang mewakili dilingkup wilayah Provinsi Banten. Selain itu, Musrenbang ini juga mengusung tema “Pembangunan berbasis kewilayahan untuk mewujudkan banten sejahtera dan berkeadilan”.

Gubernur Provinsi Banten Wahidin Halim dalam sambutannya menegaskan, dalam merumuskan perencanaan pembangunan harus visioner dan  berdasarkan aspirasi dari masyarakat mulai dari desa, kelurahan, kecamatan sampai Kabupaten Kota dan saling selaras dan terintregasi dengan mengkedepankan kemanfaatan bagi masyarakat dan terpenuhinya apa yang diharapkan masyarakat.

“Jangan sampai hasil dari musyarawah ini hanya menjadi lembaran-lembaran kertas yang tidak memberikan apa-apa khususnya manfaat bagi masyarakat”. Ungkap Gubernur Banten

Salah satu kepala daerah yang  hadir  pada  Musrenbang ini yaitu, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya. Menurut Iti, Kabupaten Lebak sebagai penyandang status daerah tertinggal, dengan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) terendah se-Provinsi Banten, pihaknya berharap komitmen semua pihak terutama Pemerintah Provinsi Banten untuk bersatupadu dalam upaya peningkatan pembanguan salah satunya peningkatan IPM di Kabupaten Lebak

“Saat ini lebak memiliki IPM terendah di provinsi banten, kalau daerah lain di Banten IPM nya lebih tinggi, otomatis fokus pembangunan ada di  Lebak”. Ungkap Bupati Lebak.

Pada Musrenbang RKPD Tahun 2020 Provinsi Banten kali ini, Pemerintah Kabupaten Lebak kembali meraih predikat terbaik Pembangunan Daerah Tahun 2019 dalam Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tingkat Kabupaten dan pada Tingkat Kota diraih oleh Kota Cilegon.

Sebagai informasi,  program prioritas yang sudah tercantum pada rancangan RKPD tahun 2020 Provinsi Banten, yaitu pengurangan kemiskinan dan pengangguran, penurunan ketimpangan melalui optimalisasi konektivitas dan sektor hubungan di wilayah pengembangan, serta kawasan strategis provinsi.

Kemudian, peningkatan pelayanan pendidikan, kesehatan, perumahan, dan permukiman. Peningkatan kualitas lingkungan hidup dan pengendalian pemanfaatan ruang serta penguatan reformasi birokrasi.

Selanjutnya, prioritas pada Rancangan Kerja Daerah Tahun 2020, antara lain penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, pemanfaatan sumber daya alam untuk pemanfaatan ketahanan pangan dan mendorong pertumbuhan agrobisnis. Peningkatan nilai tambah ekonomi pada sektor pariwisata, pertanian, kelautan, perikanan dan perkebunan, penguatan reformasi birokrasi, dan lainnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *