Kondisi Minimnya Sarana Rawat Inap RSUD Adjidarmo Rangkasbitung, Warga Diminta Sadar 

LEBAK  – Direktur Pelaksana tugas (Plt) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Adjidarmo Kabupaten Lebak, Virgojanti meminta kepada seluruh komponen masyarakat dapat menyadari segala bentuk kekurangan fasilitas sarana dan prasarana yang tersedia di RSUD setempat. Hal itu terjadi sebab, untuk saat ini ruangan rawat Inap khususnya, bagi pasien Kelas III belum memiliki sarana yang memadai.

“Saya minta semua lapisan masyarakat bisa menyadari akan kondisi minimnya sarana pelayanan rawat inap khusus bagi pasien kelas III,” ungkap Virgo kepada awak media usai menggelar rapat Musrenbang di Setda Lebak, Kamis (21/3/2019)

Ia menjelaskan, sebanyak 326 Beds (Tempat Tidur) yang tersedia di RSUD terbagi ke masing-masing Kelas diantaranya mulai dari, VVIP Wijaya Kusuma 4 beds, VIP Anggrek 25 sedangkan untuk kelas 1 56 beds, Kelas 2 sebanyak 41 beds dan Kelas 3 163 beds serta sebanyak 37 beds untuk Non kelas.

Menurutnya, pada prinsipnya pelayanan petugas penanganan di RSUD Adjidarmo sudah berusaha memberikan pelayanan semaksimal mungkin terhadap sejumlah pasien. Namun hal tersebut selalu berbenturan dengan minimnya sarana dan prasarana fasilitas ruangan rawat inap. Terkadang ada beberapa pasien yang rela menunggu di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) hingga berjam-jam meskipun belum mendapatkan ruangan rawat inap.

“Kami sudah mengarahkan bahwa kelas III kondisinya selalu penuh, akan tetapi pasien saat mau diberikan rujukan ke RS lain hampir semuanya menolak dan lebih memilih menunggu di IGD,” jelasnya.

Selain itu, Virgojanti mengungkapkan, sebenarnya pasien yang dirujuk ke RSUD Adjidarmo tadak hanya warga Lebak saja, melainkan dari wilayah luar Kabupaten seperti, Kabupaten Pandeglang, Bogor, Tangerang dan Serang. Adapun upaya peningkatan dalam memberikan pelayanan ruangan tambahan untuk kelas III tentunya, sudah diajukan ke pihak Pemerintah Kabupaten setempat.

“Bahkan Bupati Lebak sudah berencana akan membangun kembali RSUD dengan kapasitas yang lebih lengkap,” katanya (bud/yaris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 + five =