Pemkab Lebak MoU dengan Pemkab Banyuwangi, Maksimalkan Pengelolaan Sektor Pariwisata 

LEBAK  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak melaksanakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemkab Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Rabu, 27 Februari 2019. Tujuannya untuk memaksimalkan pengelolaan sektor pariwisata yang saat ini menjadi fokus pembangunan Pemkab Lebak.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dalam akun instagram Humas dan Protokol Kabupaten Lebak menyatakan, dengan visi Lebak menjadi destinasi wisata Unggulan Nasional Berbasis Potensi Lokal, Pemerintah Kabupaten Lebak memandang perlu belajar kepada pemerintah Banyuwangi yang telah berhasil mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan menurunkan angka kemiskinan melalui sektor pariwisata.

“Tentunya Lebak akan belajar mengenai pengelolaan pariwisata, mengingat visi yang sama antara Kabupaten Lebak dan Kabupaten Banyuwangi dalam mengembangkan Pariwisata,” kata Iti.

Selain pariwisata, sambung Iti, Pemkab Lebak juga akan mempelajari tata kelola pemerintahan Kabupaten Banyuwangi yang telah menjadi role model nasional dalam sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) peringkat A sebagai rujukan yang diusulkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

“Hal positif di Kabupaten Banyuwangi akan kita pelajari,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengaku bangga dengan diadakannya kerja sama daerah dengan Kabupaten Lebak, ia mengaku banyak hal yang bisa dikerjasamakan dan bisa saling diadopsi oleh masing-masing kabupaten.

“Setiap daerah punya tantangan dan potensi, dan setiap daerah pasti punya tantangan dan potensi yang berbeda-beda,” imbuhnya. (bud/yaris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *