Ada Penambahan 19 TPS, KPU Lebak Kekurangan Logistik Kotak Suara dan Bilik Suara

LEBAK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak masih kekurangan logistik kotak suara sebanyak 160 kotak dan ribuan bilik suara untuk Pemilu 2019.

Kekurangan logistik kotak suara dan bilik suara tersebut diketahui setelah dilakukannya perakitan pada Minggu 17 Februari 2019 kemarin.

Ketua KPU Lebak Ni’matullah mengatakan, kekurangan logistik tersebut disebabkan adanya penambahan 19 TPS di daerah Kabupaten Lebak pada Pemilu 2019.

“KPU Lebak sendiri telah melakukan perakitan kotak suara sebanyak 20.286 kotak suara yang akan didistribusikan ke 3.992 TPS se Kabupaten Lebak,” ujarnya, Selasa (19/2/2019).

Ia menuturkan, dalam tahap perakitannya, KPU Lebak belum menemukan adanya kerusakan, ataupun kotak suara yang cacat. Selain kotak suara, KPU Lebak juga masih kekurangan logistik berupa bilik suara dan tinta. KPU masih kekurangan bilik suara sebanyak 2.918 dan tinta sebanyak 38.

”Kami sudah ajukan kepada KPU Pusat untuk melakukan pengiriman kekurangan logistik tersebut,” terangnya.

Mengenai bilik suara, tandas Ni’matullah, jika tidak ada kiriman logistik, KPU masih bisa menggunakan bilik suara berbahan aluminium sisa pelaksanaan Pilkada Lebak 2018.

”Walaupun masih bisa menggunakan bilik suara bekas Pilkada kemarin, saya harap KPU Pusat bisa mengirimkan kekurangan tersebut, agar semuanya merata,” imbuhnya.

Ia menambahkan, KPU Lebak akan menerima kekurangan kotak suara yang bebarengan dengan surat suara pada awal bulan Maret 2019.

Pihaknya berharap, KPU Pusat segera melakukan pengiriman kekurangan pasokan logistik berupa kotak suara dan logistik lainya tepat pada waktunya.

”Tentunya kita harap logistik sudah clear, dan dapat tersampaikan tepat waktu,” pintanya.

Menurutnya, KPU Lebak akan mulai melakukan distribusi logistik ke setiap TPS se Kabupaten Lebak pada akhir bulan Febuari 2019. Pendistribusiannya sendiri akan mendapatkan pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

”Logistik luar berupa spidol dan lain-lainnya akan didistribusikan pada akhir bulan Februari. Sedangkan surat suara dan kotak suaranya akan didistribusikan bebarengan pada bulan Maret,” katanya. (bud/yaris) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *