MusrenbangDes Tahun 2020, Prioritas Tingkatkan Ekonomi Masyarakat.

LEBAK – Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes) tahun 2020 berbeda dengan tahun sebelumnya, MusrenbangDes tahun 2020 diproritaskan untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Menurut Uci Sanusi S. Pd, Kasi Pemerintahan dan Pertanahan Kecamatan Maja, ada perbedaan dalam musyawarah rencana pembangunan desa (MusrenbangDes-red) ditahun 2020 ini. Dalam MusrenbagDes tahun sebelumnya yang menjadi skala prioritas yakni, dari segi sektor pembangunan sarana infrastuktur jalan.

“Untuk tahun ini lebih cenderung diprioritaskan untuk peningkatan ekonomi masyarakat yang membidangi, pertanian, perikanan dan kelautan, koperasi, usaha ekonomi masyarakat,” kata Uci Sanusi S. Pd usai mengahadiri MurenbangDes di gedung GSG Desa Curugbadak, Kecamatan Maja, Kamis, (24/1/2019).

Ia menjelaskan, sementara untuk bidang ke dua, yakni di peruntukan peningkatan Sumber Daya Manusi (SDM) yang membidangi, antara lain bidang pendidikan dan bidang kesehatan.

“Dan untuk prioritas ketiga yakni, untuk rencana pembangunan sarana infrastuktur masyarakat. Ada lima poin dalam musyawarah rencana pembangunan desa tahun anggaran 2020. Dan dari kelima poin tersebut yang menjadi skala prioritas di peruntukan untuk peningkatan ekonomi masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Kepala desa (Kades) Curugbadak, H Agus Supandi S.Pdl mengatakan, dalam MusrenbangDes 2020 yang menjadi skala prioritas untuk pembangunan sarana pendidikan juga, akan dilokasikan untuk peningkatan ekonomi masyarkat.

“Kita sudah usulkan sesuai hasil MusrenbangDes, dan rencananya akan dialokasikan selain untuk pembangunan fisik sarana pendidikan, juga untuk peningkatan ekonomi masyarakat,” terangnya.

Nantinya, lanjut Agus, dari hasil MusrenbangDes tingkat kecamatan akan dibawa ketingkat Kabupaten.

“Mudah-mudahan semua usulan yang diajukan dapat direalisasikan dengan baik,” pungkasnya. (ali/bud/yaris).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *