oleh

Kades Curugpanjang Ajak Warganya Bersama Membangun Desa

LEBAK- Tidak mau ketinggalan dari desa lain di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Pemerintah Desa Curugpanjang, Kecamatan Cikulur terus berbenah memaksimalkan pembangunan di desanya. mulai dari infrastruktur desa dan jalan lingkungan.

Pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Desa Curugpanjang beserta Tim Pelaksana Kegiatan, tidak hanya mengandalkan anggaran dana desa (DD) yang diterimanya dari pemerintah pusat, tetapi juga dari anggaran yang bersumber Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lebak dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) I Provinsi Banten.

“Pembangunan yang dilaksanakan di Desa Curugpanjang itu tidak hanya dari anggaran yang bersumber dari dana desa tetapi juga dari APBD II Lebak dan APBD I Provinsi Banten,”  Ujar  Yadi, Kepala Desa Curugpanjang, Kecamatan Cikulur, Rabu (19/12/2018)

Menurutnya, bila pembangunan yang dilaksanakan di desanya itu mengandalkan anggaran dari dana desa maka pemerataan pembangunan yang sedang digalakan dirinya akan mengalami kelambanan, sehingga berdampak pada lambannya pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Ia berharap, masyarakat di Desa Curugpanjang tidak hanya bisa menikmati beragam infrastruktur yang telah dibangun dan tersedia, tetapi juga terbangun rasa memiliki terhadap infrastruktur yang tersedia dengan cara merawat sehingga kelestarian asset bisa awet karena terjaga.

“Mari kita rawat infrastruktur yang ada, karena dengan dirawat kelestariannya akan terjaga,” ujarnya`

Lebih jauh Yadi mengatakan, dalam pelaksanaan pembangunan di Desa Curugpanjang dibutuhkan peran serta dan dukungan masyarakat. Ia menjelaskan, tanpa peran serta dan dukungan masyarakat pihaknya dalam hal ini Pemerintah Desa hanyalah sebagai penyambung aspirasi masyarakat yang menginginkan perubahan di desa utamanya dalam pembangunan infrastruktur dan peningkatan ekonomi masyarakat dari sebelumnya.

“Kunci terwujudnya keinginan masyarakat baik dibidang infrastruktur maupun peningkatan ekonomi itu adalah kebersamaan satu visi dan misi,” jelasnya

Yadi menegaskan, adapun pembangunan infrastruktur yang dialokasikan dari dana desa untuk Tahun Anggaran 2018 ini dialokasikan untuk pembangunan Aula desa dan jalan lingkungan Pavingblok di Kampung Cilutung Timur dan Cilutung Kidul.

Selain ia mengajak masyarakat bersama-sama menyatukan visi dan misi membangun desa, Yadi juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Banten yang telah merealisasikan program jalan lingkungan berupa rabat beton melalui anggaran perubahan di desanya.

“Saya nganuhunkeun ka pihak Perkim Banten nu tos ngabantos pembangunan jalan rabat beton tina anggaran perubahan (Saya ucapkan terimakasih kepada Dinas Perkim Banten yang telah membantu pembangunan jalan rabat beton melalui anggaran perubahan TA 2018),” pungkasnya.

Sementara itu Camat Kecamatan Cikulur, Habib Abdilah mengapresiasi langkah yang dilakukan Yadi, Kepala Desa Curugpanjang yang mengajak masyarakat di desanya untuk terus berupaya membangun desa. Ia juga mengapresiasi inovasi yang dilakukan Pemerintah Desa Curugpanjang yang tidak hanya mengandalkan anggaran dana desa untuk membangun beragam infrastruktur.

“Tentunya saya sangat mengapresiasi langkah Kepala Desa Curugpanjang, sebab dengan kebersamaan membangun desa keinginan masyarakat akan mudah terwujud,” katanya.  (ika / Cupek /yaris).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed