oleh

Jelang Peringati Maulid Nabi Harga Bahan Pokok Stabil

LEBAK- Jelang peringati hari Maulid Nabi ke- 1440H, beberapa harga Bahan Pokok (Bapok) di 14 komoditi harian Pasar Sampay, Kecamatan Warunggunung Kabupaten Lebak,  Banten untuk saat ini belum mengalami kenaikan maupun penurunan. Hal itu diungkapkan oleh salah satu Petugas Pendataan Sembako Pasar Sampay Khayatun Nukus saat ditemui usai mempersiapkan perencanaan rutinitas monitoring  yang berlangsung dihalaman kantor Pasar Sampay. Kamis  (15/11/2018 ).

Berdasarkan hasil informasi yang diperoleh Petugas Pendataan Sembako Pasar Sampay, kestabilan harga Bapok di 14 bahan makanan yang belum diolah (Komoditi). Atas dasar hasil monitoring yang dilakukan sejak  Senin  (12/11/2018 ).

” Momen jelang peringati Maulid Nabi, harga Bahan Pokok di 14 komoditi harian tidak mengalami kenaikan ataupun penurunan. Hasil pantauan kami terlihat stabil,” kata Khayatun.

Mengenai jenis dan harga Bapok dibeberapa komoditi harian yang sudah terekap sejak senin lalu, salah satunya. Mulai dari harga beras IR Kwalitas Satu (KW1) untuk perkilonya Rp. 11.000, dan Kw2 Rp. 10.000 sedangkan Kw3 Rp. 9.500. Selain itu beberapa harga lainnya seperti Telor Rp. 23.000, Daging Ayam,Cabe Merah rawit ijo,Bawang Merah putih, Minyak Kemasan, Gula, Terigu Segitiga, kedelai dan Kacang Ijo, masih stabil.

” Terkecuali di momen tertentu harga Bapok bisa mengalami kenaikan, yang disebabkan karena banyaknya permintaan. Ya itu tadi, faktor penyebabnya terkadang  jumlah stoknya tidak mencukupi,” ungkapnya.

Menurutnya, istilah beras IR sebetulnya. Sebutan untuk bibit padi yang merupakan hasil dari persilangan antara padi peta Indonesia dan padi jenis lain Negara Filipina, yang dinamakan namakan padi IR. Sebutan tersebut diperoleh  hasil  dari sebuah penelitian Jawatan Penelitian Padi Internasional (IRRI) di Los Banos Filipina.

Sedangkan makna arti beras Kwalitas (Kw) 1, memiliki arti sebuah tingkatan yang bisa dinilai baik.  Sedangkan Kw 2, dan seterusnya, semakin besar angka Kw tentunya, hasilnya tidak sebaik dari angka sebelumnya.

” Kami haya sekedar mendata dan melaporkan berdasarkan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi),” ujarnya.

Sementara itu salah satu pedagang sembako Pasar Sampay, Ucok mengaku bahwa, sudah beberapa hari ini Bapok belum mengalami kenaikan.

” Saya bersyukur dimomen Maulid Nabi harga komoditi harian stabil. Kami berharap semoga di momen lainnya tidak mengalami lonjakan,” pungkasnya. (bin/ule/yaris).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed