Tahun Ini, Pemkab Lebak Perbaharui Dua Puskesmas

Lebak- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak mengklaim tengah mengerjakan pembangunan rehabilitasi puskesmas di dua Kecamatan.

Kepala Dinas Kesehatan Maman Sukirman mengatakan tahun 2018 ini ada 2 puskesmas yang akan dirubah statusnya menjadi dengan tempat perawatan (DTP) yakni Puskesmas Mekarsari dan Muncang.

“Kita targetkan akhir tahun 2018 ini sudah selesai dan dapat digunakan,”kata Sukirman kepada awak media, Jumat (19/10/2018).

Sukirman mengklaim sejauh ini dari 42 Puskesmas di Kabupaten Lebak 21 diantaranya sudah berstatus dengan tempat perawatan atau DTP. Hal tersebut dilakukan untuk mensukseskan program Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya Lebak Sehat 2019.

“Setiap tahun nya selalu ada minimal dua puskesmas yang kita sulap status nya,”kata Maman.

Pemerintah daerah, sambung Maman terus meningkatkan kualitas pelayanan baik sarana prasarana maupun sumber daya manusia (SDM) tenaga medis. Peningkatan puskesmas itu juga dapat mencegah rujukan warga ke Rumah Sakit melalui penggunaan peserta BPJS.

“Kami berharap, Puskesmas DTP itu dipastikan pelayanan kesehatan semakin baik, sehingga derajat kesehatan masyarakat meningkat,” katanya menjelaskan.

Peningkatan status Puskesmas DTP dapat menangani masalah penyakit dasar, seperti kecelakaan ringan, infeksi kulit, diare, gatal-gatal, sakit gigi, pusing, malaria, DBD, gigitan ular dan lainnya.

“Kami yakin, pembangunan Puskesmas DTP itu juga dapat meningkatkan harapan usia tinggi melalui pengobatan medis,” katanya. (JM/Raja)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen + 1 =