Puluhan KK Di Muara Dua Lebak Dapat Bantuan Lisdes

Lebak-Sebanyak 67 Kartu Keluarga (KK) warga Desa Muara Dua, Kecamatan Cikulur mendapatkan bantuan Listrik Desa (Lisdes) yang disalurkan oleh Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben). Bantuan Lisdes untuk masyarakat miskin diberikan secara gratis tanpa adanya pungutan biaya.

” Pengajuan bantuan yang diajukan sejak 2017 kemarin sebanyak 95 KK, akan tetapi realisasinya hanya mendapatkan sebanyak 67,” kata Budi Kaur Desa Muara Dua kepada Juaramedia.com. Kamis, (17/10).

Sebelum memasuki tahapan pemasangan KWH, masyarakat terlebih dahulu dikumpulkan ke kantor Desa untuk diberikan pengarahan dan penjelasan dari pihak Desa. Bahwasannya, untuk pemasangan KWH ini tidak dipungut biaya sepeserpun, sebab bantuannya diberikan secara langsung untuk masyarakat miskin dari Pemprov Banten.

Mengenai penyaluran bantuan yang terbagi mulai dari Kampung Cipangkeas, Talaga, Pasir Awi, Cibogo, Leuwi Simbut, Cilulumpang, Pasir Haur Barat dan Kampung Pasir Haur timur.

” Saat ini mulai memasuki ke dalam tahap pemasangan KWH sementara, karena untuk tiang penyangga kabel jaringan sudah dipasangkan pada bulan sebelumnya,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Muara Dua Jakaria alias Jakong mengaku, sebelum pemasangan ini dilaksanakan, pihak Distamben Propinsi sudah mempersiapkan dan turun langsung dan memverifikasi kepada masyarakat layak dan tidaknya untuk mendapatkan bantuan lisdes tersebut.

Jika diketahui tidak layak mendapatkan bantuan lisdes, maka Distamben langsung mencoretnya, mengingat karena ini adalah bantuan untuk orang miskin yang sangat membutuhkan penerangan didalam rumahnya dengan menggunakan listrik.

” Saya merasa bersyukur dan sangat berterima kasih sekali karena Pemprop dan Pemkab telah memberikan bantuan lisdes ini kepada masyarakat kami, mudah mudahan bantuan ini dapat di rasakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat dan semoga sisanya yang belum terealisasi, agar segera di realisasikan,” katanya.

Menyusul kebutuhan masyarakat yang masih banyaknya belum mendapatkan bantuan tersebut tentunya, Pemerintah Desa (Pemdes) akan terus berupaya mengajukan kembali untuk agar mereka bisa mendapatkan program pemasangan KWH Listrik gratis dalam kesempatan program selanjutnya.

Terpisah Petugas Pelaksana PLN Kabupaten Lebak Oji mengatakan, tim yang ditugaskan untuk pemasangan KWH sebanyak 67 KK sesuai data yang diberikan kantor.

” Kami melakukan pemasangan KWH tersebut petugasnya sebanyak 12 orang, dan pengerjaannya tidak ada pungutan biaya terhadap masyarakat yang mendapatkannya,” pungkasnya. (ika/yat)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − 8 =