Ratusan PAUD Di Pandeglang Diguyur Anggaran 10 Miliar

Pandeglang– Sebanyak 610 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)  mendapatkan suntikan dana Biaya Operasional pendidikan (BOP) melalui hibah Dana Alokasi Khusus (DAK) non Fisik tahun 2018.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan tahun 2018 ini hibah yang diberikan untuk BOP dari DAK non fisik sebesar Rp. 10,667 Miliar. Bantuan ini memang tidak seberapa jika dibagi dengan banyaknya peserta didik yang dibina oleh para guru PAUD.

“Paling dapat 600 ribu per siswa dalam satu tahun. Kami tau itu tidak mungkin cukup, semoga para guru terus iklas dalam menjalankan tugas yang mulia ini sebagai para pendidik,” kata Irna saat menyerahkan secara simbolis BOP PAUD tahun 2018,  bagi 3 lembaga PAUD,  Rabu (17/10) di Hotel Rizki Kadupinang.

Menurutnya peran guru PAUD sangat besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa disertai dengan tanggungjawab yang berat untuk mencetak generasi emas dimasa yang akan datang.

“Indonesia kedepan akan memiliki bonus demografi dimana angkatan kerja semuanya diusia produktif. Jadi kita harus mencetak generasi yang cerdas dan berkualitas, ” ujarnya.

Irna berharap para guru PAUD juga memiliki kompetensi ke pribadian, dan kompetensi sosial.

“Semoga para peserta didik di Pandeglang memiliki ahlak yang baik dan berjiwa sosial yang tinggi,” katanya.

Sementara Kadis Pendidikan Kabupaten Pandeglang Olis Solihin mengatakan,  jumlah Rp. 10,667 miliyar itu diperuntukan bagi  610 lembaga PAUD dari 814 lembaga yang diverifikasi.

“Yang mendapat bantuan ini yang lolos verifikasi, diantaranya memiliki Nilai Pokok Sekolah (NPS) , izin operasional,  akta notaris, dan jumlah siswanya mininal 12 orang maksimal 60 orang,”katanya.

Olis menjelaskan dari jumlah BOP yang diberikan saat ini,  masing – masing PAUD akan menerima bantuan sesuai dengan jumlah siswa yang ada ditiap lembaga.

“Kalau besarannya tetap sama 600 /siswa, namun untuk jumlah keseluruhan yang diterima itu tergantung dari banyaknya siswa, “jelasnya.

Untuk diketahui Penyerahan BOP PAUD secara simbolis diterima oleh Taman Kanak – Kanak (TK) Babunajah Kecamatan Menes sebesar Rp. 28, 8 juta,  TK Dharma Wanita   Kecamatan Sumur Rp. 30 juta,  Kober Bakti Anak Kecamatan Sobang Rp. 21 juta, dan Kober Tuhfatul Athfal Kecamatan Pandeglang Rp. 21,6 juta. (Dni/Raja)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *