Tiga Lembaga Sosial Siap Sinergi Dengan Pemkab Pandeglang Tangani Covid 19

Tiga Lembaga Sosial Siap Sinergi Dengan Pemkab Pandeglang Tangani Covid 19

Penulis :Deni |Editor :Budy 

JUARAMEDIA.COM PANDEGLANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang saat ini genjar melakukan langkah nyata dalam memangkas penyebaran Covid 19 dengan menggandeng tiga lembaga sosial yang siap bersinergi untuk memutus penyebaran virus corona tersebut.

Ketiga lembaga sosial itu seperti Laz Harfa, Rumah Jakat dan ACT tangani masalah Covid 19.

Menurut Bupati Irna, dalam memutus penyebaran Corona atau Covid 19 di Pandeglang sudah melakukan langkah nyata dari mulai Surat Edaran (SE) penyesuaian kerja ASN, Gugus tugas penanganan Covid 19, hingga kedaruratan.

“Penyemprotan disinfektan yang dilakukan gugus tugas, himbauan kepada masyarakat larangan berkerumun terus di sosialisasikan, sekarangpun kami sedang Rakor terkait penanganan Covid 19,” ungkap Irna.

Irna sangat menyambut baik dengan hadirnya para relawan yang ikut bergabung dengan pemerintan dalam menangani penyebaran Covid 19.

“Tentu ini sangat membantu kami jika para relawan siap bersinergi menangani masalah Covid 19,” katanya.

Direktur Utama Laz Harfa Banten, Indah Prihanande mengatakan, untuk menangani penyebaran Covid 19 di Pandeglang dirinya sudah membuat program Kampung Siaga Covid 19.

“Yang kita lagi hadapi ini penyakit yang paling dahsyat, kami siapkan Kampung Siaga Covid, kegiatannya akan dilaksanakan selama tiga bulan di 22 Kampung 9 Desa, di Kecamatan Cibaliung, Sindangresmi, Cigeulis dan Sombang,” katanya saat bertemu dengan bupati di pendopo setempat, kamis (26/03/20)

Ia juga mengatakan, di Kampung Siaga Covid ini akan ada 7 Kegiatan yang dilaksanakan guna pencegahan penyebaran Covid 19.

“Pertama kita buat Satgas Siaga covid 19, kedua Sosialisasi PHBS, ketiga pembersihan fasilitas umum, keempat pengaktipan sistem keamanan warga dengan detektor, kelima membuat istem informasi kesehatan warga, keenam mengaktifkan lumbung Pangan Warga menghadapi Lock Down, dan tujuh aktifkan relawan lingkungan siaga Covid,” tuturnya.

Sementara Dedi Suhaedi dai Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengatakan pihak ACT juga akan melakukan kegiatan dalam penanganan Covid 19. Kata dia, ACT sudah menyuplai makanan untuk tim medis.

“Banten baru tanggerang saja, kegiatan lainnya penyemprotan disinfektan Pandeglang baru akan kami lakukan, yang sudah baru serang dan Kota Serang,” terangnya.

Relawan lainnya, Saibani perwakilan dari Rumah Zakat sudah melakukan hal yang sama dengan relawan linnya.

“Program yang kita lakukan pencegahan dengan penyemprotan disinfektan baik di masjid dan sarana umum lainnya, sosialisasi PHBS , dan sekarang kami akan mengupayakan APD,” tandasnya.

Dikatakan Saibani, penyebaran Covid 19 juga berdampak kepada para pelaku ekonomi, untuk itu kata dia, pihak Rumah Zakat punya program bantuan makanan.

“Kami punya program bantuan makanan, paket sembako nanti akan diimplentasikan untuk setiap cabang,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan inI Asda Pemerintahan Ramadani, Kadinsos Nuriyah, Kadis Kesehatan Raden Dewi Setiani, dan Kabag Humas Nandar Suptandar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *