Desa Gubugan Cibeureum Dilanda Banjir

Banjir yang melanda Desa Gubugan Cibeureum 

Penulis :Ali |Editor :Budy 

 

JUARAMEDIA.COM LEBAK – Akibat hujan hujan deras yang terjadi sejak sore hingga Senin malam (16/3) mengakibat dua sungai, yakni sungai Cibeureum dan kali Jamlaung, di Desa Gubugan Cibeureim, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, meluap mengakibatkan tiga kampung di desa tersebut, meliputi Kampung Jamlaung, Cidadap dan Kampung Bongkok, Kampung Lembur Lojor, terendam banjir.

Pantauan dilapangan, akibat banjir selain merendam puluhan rumah warga, sekitar 2 hektar sawah milik para petani serta akses jalan dan jembatan yang menghubungkan desa nyaris tidak dapat dilalui karena digenangi air.

Muhaemin, salah seorang warga Kampung Jamlaung, yang rumahnya ikut terendam mengatakan, banjir terjadi sekitar pukul 12 malam. Saat itu hujan deras sehingga mengakibatkan sungai Cibeureum dan kali Jamlaung meluap hingga kepemukiman warga.

“Tidak ada korban jiwa, namun sebagian rumah warga terendam dan membuat warga panik.” ujarnya kepada Wartawan, Selasa (17/3/2020).

Saat ini, menurut dia, air sudah mulai surut dan warga sudah mulai membersihkan rumahnya masing-masing yang terendam.

Camat Kecamatan Maja H. Abdul Rohim membenarkan, akibat hujan deras mengakibatakan 4 kampung yakni, Kampung Cidadap, Jamlaung, Lembur Lojor, dan Kampung Bongkok terendam banjir.

Dijelaskannya, tidak ada korban jiwa namun rumah warga terendam. Dan saat ini pihak kecamatan masih melakukan pendataan dilapangan untuk secara pasti sebagai bahan laporan ke Kabupaten.

“Saya meminta kepada masyarakat terutama yang ada di bantaran sungai Cibeureum tetap waspada dan berhati-hati,” imbuhnya.

Camat juga mengimbau, agar masyarakat menjaga kebersihan dan kesehatan, jangan membuang sampah ke bantaran sungai.

“Terutama banyak yang menebang bambu dan sampahnya di buang ke sungai sehingga mengakibatkan aliran air tersendat dan mengakibatkan banjir,” tukasnya.

Sementara itu Ranaya Sekertaris Desa (Sekdes) Gubugan Cibeureum menambahkan, akibat banjir yang merendam 4 kampung di desanya mengakibatkan. di Kampung Cidadap , Jamlaung korban banjir sebanyak. 56 KK dan 244 jiwa, Kampung Lojor, Bongkok mencapai 34 KK dan 136 jiwa.

“Saat ini banjir sudah mulai surut, dan data tersebut sudah dilaporkan ke pihak kecamatan,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *