Legislator Lebak Apresiasi Pelaku UMKM Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Legislator Lebak Apresiasi Pelaku UMKM Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Penulis :Arya |Editor :Budy

JUARAMEDIA.COM LEBAK – Anggota DPRD Lebak Dian Wahyudi mengapresiasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah ini tumbuh dan berkembang sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Kita minta UMKM ke depan menjadikan andalan ekonomi warga, sehingga mampu mengantisipasi kemiskinan dan pengangguran,” kata Anggota Komisi IV DPRD Lebak, Jum’at) 13/03/2020).

Kehadiran pelaku UMKM dapat menyumbangkan pertumbuhan ekonomi daerah sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selama ini, populasi pelaku UMKM di Kabupaten Lebak mengalami kemajuan pesat sehubungan kebijakan pemerintah daerah mengembangkan destinasi wisata.

Dimana destinasi wisata tersebut dapat mendorong berkembangnya pelaku UMKM sehingga memberikan dampak positif terhadap pendapatan ekomo masyarakat.

“Kami setiap tahun mendorong anggaran untuk promosi produk-produk UMKM melalui pameran ke luar daerah agar dikenal masyarakat luas,” katanya menjelaskan.

Menurut dia, pihaknya kini mendorong agar pemerintah daerah membangun kawasan pemasaran untuk menampung produk UMKM dengan dibangunnya galeri, kios, pertokoan dan pusat perbelanjaan.

Pembangunan sarana pemasaran itu dapat memberikan kemudahan kepada para wisatawan untuk membeli produk UMKM.

Selain itu juga pemerintah daerah dapat menjalin kerja sama dengan travel biro wisata diberbagai daerah di Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Bali.

Sebab, destinasi wisata Kabupaten Lebak juga luar biasa dan terdapat obyek wisata mendunia, di antaranya budaya masyarakat Badui dan Pantai Sawarna.

Selain itu juga wisata lainnya, seperti wisata negeri di atas awan, wisata relegius, wisata pesisir pantai, wisata air panas dan arung jeram.

“Kami yakin jika kerja sama itu dibangun maka setiap biro travel wisata bisa mendatangi lokasi pemasaran produk UMKM itu, seperti pusat perbelanjaan, galeri, kios hingga pertokoan yang lokasinya tidak jauh dari destinasi wisata,” ujar Ketua DPD Partai PKS Lebak itu.

Kepala Seksi Data dan Informasi Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lebak Siti Samsiah mengatakan saat ini pertumbuhan UMKM di Lebak tumbuh dan berkembang bahkan tahun 2019 mencapai 50.149 unit dari sebelumnya 49. 538 unit.

Penambahan pelaku UMKM tersebut tidak lepas intervensi pemerintah daerah dengan mengoptimalkan pembinaan dan pelatihan guna meningkatkan kualitas produksi dan bisa bersaing pasar.

Produk pelaku UMKM yang berkembang di Kabupaten Lebak diantaranya bidang usaha industri rumahan (home industry), seperti kerajinan tangan, logam, tas,dompet, konveksi, batik,kain Badui dan aneka jenis makanan.

Disamping, juga produksi perikanan tangkapan, diantaranya abon ikan, baso ikan, kerupuk ikan, pare-pare, gula semut dan kerajinan masyarakat Badui.

“Kami mendorong UMKM itu menjadikan kekuatan ekonomi daerah,sehingga mampu mengendalikan kemiskinan dan pengangguran,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *