Perkuat Inovasi Daerah, Wabup Pandeglang Teken MoU dengan LAN

Perkuat Inovasi Daerah, Wabup Pandeglang Teken MoU dengan LAN

Penulis :Deni |Editor :Budy 

JUARAMEDIA.COM JAKARTA – Dihari yang sama Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban atas nama Pemkab Pandeglang melakukan kerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN). Ditandai dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kepala LAN Adi Suryanto, di Gedung Lembaga Administrasi Negara – Jakarta Pusat, Selasa (10/03/20).

Menurut Wabup Tanto Warsono Arban, bahwa nasuknya era digitalisasi, memaksa individu untuk saling berkompetisi dan berfikir kreatif. Inovasi harus terus menerus dilakukan untuk bisa bersaing dan memberi nilai tambah pada suatu barang/produk atau layanan masyarakat. Untuk itu, dalam rangka memperkuat inovasi daerah terutama pengembangan inovasi sumber daya manusia dalam peningkatan tata kelola pemerintahan.

“Kesepakatan ini menjadi sangat penting, mengingat Kabupaten Pandeglang yang saat ini sedang berupaya maju dan berkembang, memang membutuhkan sumber daya manusia yang penuh inovasi dan kreatif dalam penyelenggaraan pemerintahan serta pelayanan publik.” ungkapnya.

Dengan SDM yang berkualitas dan penuh inovasi, lanjut Tanto, tentu akan semakin meningkatkan pelayanan publik, bisa memudahkan pelayanan bagi masyarakat.

“Diharapkan muncul SDM yang unggul yang dapat bersaing dan kompetitif.” ujarnya

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Pandeglang, Utuy Setiadi yang turut mendampingi, menjelaskan tujuan kesepakatan bersama dengan LAN ini.

“Agar inovasi daerah di Pemda Pandeglang harus jadi perhatian pokok, dengan inovasi yang baik Insya Allah maka pemda bisa memberi manfaat yang lebih dari yang seharusnya kepada masyarakat, termasuk di kalangan dunia usaha agar bisnis bisa jalan dan berkembang.” jelasnya.

Masih kata utuy, implementasi dari kesepakatan tersebut nantinya bisa berbentuk kajian dan inovasi adminitrasi negara,

“Bisa juga dalam bentuk kajian dan inovasi manajemen ASN, pelatihan dan pengembangan kompetensi, pendidikan tinggi serta bidang kerjasama lain yang masih terkait.” katanya.

Sementara itu, Kepala LAN, Adi Suryanto saat memberikan sambutan pada acara tersebut menekankan pentingnya kolaborasi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari,

“Jangan sampai terkotak-kotak antar institusi bahkan intern institusi itu sendiri yang justru akan semakin melemahkan. Kegiatan kesepakatan bersama ini mencerminkan bagaimana kita dapat saling berkolaborasi antar institusi, saling memberikan masukan satu dengan yang lain, membantu pada pihak yang membutuhkan.” katanya.

Lebih lanjut Adi Suryanto mengatakan kesepakatan Penguatan Kapasitas Pemerintah Daerah sebagai salah satu upaya spirit mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.

“ASN merupakan asset penting dalam penyelenggaraan pemerintahan, Kemampuan untuk bersaing harus didasarkan untuk melakukan perubahan yang lebih baik.” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *