Sirup Aren dan Gula Semut dari Lebak Tembus Pasar Domestik

Konsumen saat berkunjung ke gerai Sirup Aren dan Gula Semut 

 

Reporter :Arya |Editor :Budy 

LEBAK, JUARAMEDIA.COM – Menggeliatnya, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di pedesaan dengan didorongnya sektor ekonomi oleh Pemerintah melalui Badan Usaha Milik Desa (BumDes).

Dirut Bumdes Mekar Mandiri Desa Mekarsari, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Asep mengatakan, roda Perekonomian di desa akan hidup masyarakatnya sejahtera, uaha Mikro Kecil Menengah Sirup aren dan Gula Semut Gunung Kulantung produksi Badan usaha Desa Mekar Mandiri Desa Mekarsari Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak Provinsi Banten diminati konsumen luar daerah. BumDes Mekar Mandiri dengan bermitra dengan petani

“Permintaan sirup Aren dan Gula Semut konsumen kabupaten lebak maupun luar daerah bandung Bogor dan Jakarta sebanyak 1000 botol perbulan,” ujar Asep, Senin (03/02/2020).

Menurutnya, ide dibuat UMKM sirup Aren dan Gula semut melihat potensi alam Kecamatan Cihara banyak pohon Aren.

“Untuk bahan baku sirup dan Gula semut mudah didapat dari petani yang menanam pohon Aren, hampir rata petani di Kecamatan menanam Pohon aren,” imbuhnya.

Asep menambahkan, Bumdes menampung bahan baku gula aren dari petani mitra kerja sama yang saling menguntungkan, dari segi ekonomi, membantu pendapatan petani.

“Kekhasan rasa sirup aren dan Gula semut bisa di sajikan dengan kopi, rasanya bisa beda dengan pakai gula Pasir. atau bisa di minuman dengan dingin,” bebernya.

Dikatakan Asep, untuk pemasaran Sirup aren dan Gula Semut menggunakan, sistem digital dan Pameran hasil Produksi UMKM.

“Alhamdulilah Gula Semut produk Bumdes Mekar Mandiri desa Mekarsari Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak telah berlisensi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan bersertifikat Halal dari Majlis Ulama Indonesia,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *