TNI Tanam 5.000 Pohon Ketapang, Bupati : TNI Jadi Garda Terdepan

TNI Tanam 5.000 Pohon Ketapang. (Foto/JM/Deni) 

Reporter: Deni | Editor: Budi Harto

 

JUARAMEDIA COM, Pandeglang  – Kurang lebih sebanyak 5.000 pohon ketapang ditanam oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat (AD) di Desa Cigondang, Kecamatan Labuan. Bupati Pandeglang Irna Narulita mengapresiasi, TNI selalu menjadi garda terdepan dan semakin manunggal bersama rakyat.

Demikian dikatakan Bupati Irna Narulita pada saat penanaman pohon ketapang di Kampung Lampe, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Kamis (12/12/2019).

Menurutnya, kegiatan ini merupakan tindakan pencegahan baik itu terjadinya abrasi maupun adanya gelombang laut yang tinggi.

“Beberapa tahun yang akan datang pohon ini akan tumbuh dan akan menjadi penahan jika terjadinya bencana seperti tsunami yang terjadi pada dua tahun yang lalu,” ujarnya.

Irma meminta kepada masyarakat setempat agar dapat merawat dengan baik tanaman ini hingga tumbuh besar.

“Kita harus jaga kelestarian alam, tentu alam juga akan menjaga kita,” pungkasnya.

Sementara Komandan Korem 064 Maulana Yusuf Kolonel Windiyanto membenarkan apa yang disampaikan Bupati Pandeglang, penanaman pohon ketapang ini diharapkan dapat menahan jika terjadi gelombang laut yang tinggi.

“Berdasarkan pengalaman tahun lalu ketika terjadi tsunami, saya melihat ada dua pohon ketapang di depan rumah yang tidak hancur padahal rumah tersebut terkena gelombang laut,” katanya.

Dikatakan Kol Windiyanto, jika dirawat dengan baik, pohon ketapang ini akan tumbuh besar, kata dia, ini bisa mengantisipasi apabila anak gunung krakatau terjadi erupsi kembali.

“Kita tidak tau kapan bencana akan terjadi, namun jika melihat dari pergerakan saat ini anak gunung krakatau terus tumbuh tinggi, diperkirakan 15 tahun yang akan datang bisa mencapai 100 meter ketinggian nya,” tuturnya.

Masih kata Kol. Windiyanto, pohon ketapang yang disemai jumlah nya 200 ribu pohon. Yang ditanam di Desa Cogondang diungkapkan Windiyanto sebanyak 5.000 pohon.

“Kita akan tanam semua pohon ketapang yang sudah tumbuh ini sepanjang pesisir pantai Labuan – Binuangen,”pungkasnya.

Acara penanaman secara simbolis dilakukan oleh Komandan Korem 064 MY Windiyanto, Bupati Pandeglang Irna Narulita, Komandan Kodim 0601 Letkol Inf Denny Juwon Pranata dan pejabat TNI lainnya.

Turut hadir Komandan Bataliyon Grup Satu Kopassus Mayor Inf Boni, General Menejer Indonedia Power PLTU II Labuan Zuhdi Rahmanto, Asda Pemerintahan dan Kesra Ramadani, dan Camat Labuan Atep.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *