Studi Komparasi Ke BUMDES Peraih Penghargaan Tingkat Asean di Bantul, Bupati Iti : Sebagai Role Model Motivasi Bagi Pengembangan Desa di Lebak

Foto/HumasPemkabLebak

 

Editor : Budi Harto

 

Bantul, JUARAMEDIA COM – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya melakukan Studi Komparasi Ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Panggung Lestari, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu, (16/11/19).

Bumdes Panggung Lestari sendiri merupakan Bumdes yang berhasil meraih penghargaan tingkat ASEAN, 4th ASEAN Leadership Award on Rural Development and Poverty Eradication satu minggu lalu di Nay Pyi Taw, Myanmar. tid

Penghargaan tersebut merupakan wujud penghargaan yang diberikan oleh masyarakat ASEAN atas kepemimpinan yang dipandang memegang peranan penting dalam pembangunan desa dan pengurangan kemiskinan.

Dihadapan Bupati Bantul Suharsono dan jajarannya, Bupati Lebak dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Pemerintahan Desa Panggungharjo atas diraihnya penghargaan Bumdes Panggung Lestari ditingkat ASEAN.

“Tidak salah tentunya, kami hadir kesini untuk belajar dan menggali lebih jauh bagaimana manajemen dan tata kelola Bumdes oleh pemerintah desa panggungharjo,” tutur Bupati Lebak.

Iti juga mengatakan, apa yang telah diraih desa panggungharjo selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lebak dengan visi lebak sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal melalui 5 misi yaitu, meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia meningkatkan produktivitas perekonomian daerah melalui pengembangan pariwisata, meningkatkan ketersediaan infrastruktur wilayah, meningkatkan kualitas lingkungan hidup, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Di tengah era yang semakin cepat ini, desa harus semakin adaptif dan kreatif dalam menyikapi perkembangan
zaman, dimana Pemerintah Kabupaten Lebak terus mendorong setiap desa agar mampu memberikan keunggulan komparatif yang berbasis kearifan lokal setempat, dan menjadi ikon yang bisa mengenalkan desa tersebut ke dunia luar, sehingga desa mampu menjadi desa mandiri, dan secara
langsung berdampak pada peningkatan kesejahteraan warganya,” jelas Iti

Diakhir sambutannya Iti mengatakan, akan segera menyusun rencana kerja Pengembangan Bumdes, dan menjadikan Desa Panggungharjo sebagai Role Model dan menambah motivasi bagi pengembangan desa serta membawa virus kebaikan bagi desa lainnya di kabupaten Lebak.

Sementara itu, Bupati Bantul, Suharsono  dalam sambutannya mengatakan, kunjungan silaturahmi yang dilakukan Pemerintah Daerah Lebak seperti ini diharapkan mampu mengisi kekurangan dan kelebihan daerahnya masing- masing demi terwujudnya pemerintahan yang lebih baik lagi kedepannya.

“Terima kasih atas kunjungannya, mana yang perlu kita ambil dari lebak, mana dari bantul, intinya saling mengisi untuk kemajuan daerah kita,” ungkap Bupati Bantul.

Dalam kesempatan itu juga Bupati Lebak bersama jajarannya langsung meninjau Bumdes Desa Panggungharjo guna melihat langsung role model yang digunakan desa tersebut dalam mengelola Bumdesnya sehingga dianggap berhasil dalam meningkatkan ekonomi masyarakatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *