oleh

Agar Tak Membuang Sampah Sembarangan, SMK PGRI Maja Wajibkan Siswa Membawa Tas Sampah

Foto : Sejumlah siswa siswi SMK PGRI Maja memperlihatkan Tas untuk tempat sampah.

Penulis : Budi Harto

LEBAK – SMK PGRI Maja, Lebak, Banten, mewajibkan siswa siswinya membawa Tas Sampah (Tas tempat menaruh sampah bekas jajan-red) yang telah diberikan gratis oleh pihak sekolah. Ini sebagai langkah menanamkan kepada anak didik mengenai kesadaran dalam menangani sampah agar tidak membuang sampah sembarangan.

Aturan ini diterapkan oleh pihak SMK PGRI Maja, selain karena didasari keprihatinan produksi sampah terutama plastik yang cukup banyak dalam setiap harinya, hal ini juga untuk menunjang program pemerintah. Dimana pembungkus makanan dan minuman kemasan berupa plastik, tertumpuk dalam jumlah banyak di tempat sampah lingkungan sekolah.

Untuk menjaga kebersihan lingkungan dan terbebas dari tumpukan sampah inilah, sekolah mengharuskan siswa siswinya membawa tas sampah agar terbiasa tidak membuang sampah sembarangan. 

“Intinya untuk mengurangi sampah di lingkungan sekolah, terutama menunjang program pemerintah yang berkaitan dengan sampah plastik. Ini aturan sekolah upaya membantu program pemerintah,” kata H Mas’ud, Kepala SMK PGRI Maja saat ditemui media di Sekolah setempat, Rabu (23/10).

Sekolah ini juga, jelas Mas’ud, tidak mengizinkan dan melarang kantin menjual makanan dan minuman yang dibungkus dalam kemasan plastik, stereofom dan sejenisnya, dan makanan mengandung kimia berbahaya. 

“Kantin tidak boleh menyediakan barang yang dijual menggunakan plastik apapun, seperti stereofom dan sejenisnya, kecuali  piring dan gelas. Makanan yang dijajakan haruslah makanan yang sehat,” imbuhnya. 

Para siswa tampak senang dengan kebijakan ini, Dicky siswa Kelas XI BDP 2 menyebut, sampah plastik sudah merupakan masalah penting yang perlu ditangani bersama. Sehingga lingkungan menjadi bersih serta terhindar dari segala penyakit. Dengan diberikanya tas sampah ini, semoga para siswa siswi tidak membuang sampah sembarangan, 

“Kami diberikan tas sampah secara gratis oleh sekolah, agar siswa tidak membuang sampah sembarangan. Ini sangat membantu sekali untuk mengurangi sampah di lingkungan SMK PGRI ini,” tuturnya. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed