Korem 064/MY Giat Bhakti TNI KB Kes di Kampung KB Taman Hati

Foto : Bhakti TNI KB Kes Korem 064/MY di Kampung KB Taman Hati, di kampung Jahe, Desa Margajaya, Kecamatan Cimarga, Lebak, Banten.

Penulis : Reza | Editor : Budi Harto

JUARAMEDIA COM LEBAK – Korem 064/MY bekerjasama dengan BKKBN Pusat, Kabupaten dan BKKBN Kecamatan melakukan kegiatan Bhakti TNI KB Kes yang digelar, di Kampung Berkualitas atau Kampung KB Taman Hati, Kampung Jahe, Desa  Margajaya, Kecamatan Cimarga, Lebak, Banten, Minggu (20/10/19).

Kasiter Korem 064/MY, Letkol Asep Supriatna mengatakan, kegiatan KB Kes terpadu ini untuk mensukseskan program Keluarga Berencana (KB), karena dengan keluarga kecil cukup dua anak itu bisa menunjang kegiatan bagi keluarga masing-masing. 

“Kalau kita bandingkan anak yang banyak, mungkin penghasilan dari orangtuanya sehingga anak itu tidak akan kedepannya seperti sekolahnya, pendidikannya dan sebagainya tidak akan didukung dengan biaya yang ada,” ujarnya. 

Menurutnya, kalau anak dua mungkin bisa terbiayai oleh orangtuanya. Dengan program dua anak ini, dibandingkan dengan anak yang banyak bisa berakibat karena SDM pendidikannya kurang, sehingga mereka itu sulit untuk mencari pekerjaan.

“Kalau sulit mencari pekerjaan, sehingga banyak kejadian, mungkin berbuat kejahatan, kriminal, karena tidak diawasi orangtuanya, sehingga keamanan di wilayahnya itu tidak akan terjaga,” tandasnya. 

Dijelaskannya, TNI berkerjasama dengan BKKBN Pusat, Kabupaten merupakan program sinergitas BKKBN pusat dengan TNI disemua wilayah, khususnya TNI AD, semua melaksanakan program ini. 

“Mudah-mudahan dengan program ini terlaksana dengan baik, dua anak cukup, sehingga kesejahteraan, perekonomian, pengendalian penduduk bisa terkendali. Kita berharap wilayah wilayah pedesaan yang jauh dari perkotaan melalui Babinsa mereka mampu mendorong mengajak masyarakat mengikuti program KB, ” terangnya.

Kepala DP2KB P3A, Tajudin Yamin menambahkan, tema kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas keluarga melalui TMKK ini dari mulai bulan Mei sampe Oktober, selam 6 bulan. Ini nanti dilaporkan semua hasilnya setelah dilakukan evaluasi. 

“Jadi, dari Kodim yang ada di wilayah Korem 064/MY ini dievaluasi semuanya, nanti siapa yang terbaik. Saya kira itu akan menjadi motivasi untuk Kodim Kodim yang lain, ada evaluasi seperti ini bisa mengukur dimana kelemahannya dan kekurangannya. Harapan kita yang direfleksikan di kampung KB Taman Hati ini jadi miniatur, mudah mudahan kedepan Lebak ini semakin maju,” jelasnya. 

Sementara itu Camat Kecamatan Cimarga, Zakaria Hartanto mengharapkan program KB bisa di sosialisasikan kepada masyarakat, dan masyarakat akan menyadari untuk mengendalikan jumlah penduduk. 

“Yang ada disini menjadi pionir kita tetap terjaga, sehingga bisa di contoh oleh desa-desa lainnya,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *