oleh

Serentak, 10 Desa di Lebak Segera Gelar Pilkades

LEBAK – Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) setempat memyatakan persiapan pemilihan kepala desa (Pilkades) di 10 desa di Kabupaten yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2019 sudah dalam tahap pencetakan surat suara.

Kepala Bidang Pemeritahan Desa pada DPMD Lebak, Firman mengatakan, tahapan demi tahapan dalam Pilkades serentak ini sudah dapat dilaksanakan dan tidak ada kendala yang berarti. Sehingga, saat ini masuk dalam tahapan pencetakan surat suara.

“Insya Allah jika nanti surat suara sudah selesai dicetak akan dikakukan penyortiran terlebih dahulu, setelah selesai disortir baru bisa kita kirim ke masing-masing kecamatan yang desanya mengikuti Pilkades,” ujar Firman, kepada Tangerang Raya Media saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (8/10).

Menurutnya, adapun 10 desa yang mengikuti Pilkades pada tahun 2019 ini diantaranya Desa Rangkasbitung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Desa Cidadap, Kecamatan Curugbitung, Desa Wantisari, Kecamatan Leuwidanar, Desa Sukamarga, Kecamatan Cimarga, Desa Margaluyu, Kecamatan Sajira, Desa Kaduhauk dan Desa Jalupang Girang, Kecamatan Banjarsari, Desa Situregen, Kecamatan Panggarangan, Desa Sawarna Timur dan  Desa Sawarna, Kecamatan Bayah.

“Untuk anggaran pilkades ini diambil dari anggaran dana desa masing-masing, dengan besaran anggaran setiap desa paling besar Rp 40 juta,” kata Firman.

Lanjutnya, adapun untuk biaya pengamanan selama pilkades berlangsung anggarannya akan disubsidi oleh pemerintah Kabupaten Lebak dengan besaran Sekitar Rp 120 juta.

“Biaya pengamanan ini terdiri dari TNI dan Polri,” ucap Firman.

Tekait adanya gugatan dari dua bakal calon kades di Desa Rangkasbitung Timur sudah tidak ada masalah. Karena, tahapan seleksi dan penilaian bakal calon kades sudah dilakukan sesuai prosedur.

“Kami harap sampai dengan pelaksanaan pencoblosan berjalan dengan baik, sehingga tahapan pelantikan Kades terpilih yang dijadwalkan sekitar bulan November 2019 dapat dilaksanakan sesuai jadwal,” pungkas Firman. (ade/yaris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed