Badan Kehormatan DPRD Pandeglang Resmi Dibentuk

PANDEGLANG – Sidang paripurna DPRD Pandeglang dengan agenda Pembentukan Badan Kehormatan (BK) masa jabatan 2019-2024 dan pembentukan Panitia Khusus (Pansu) Perumusan dan Pembahasan Peraturan Tantib DPRD Pandeglang, yang dipimpin Ketua Dewan, Udi Juhdi didampingi tiga wakil ketua/pimpin lainnya, berjalan lancar, Jumat (04/10) selama kurang lebih 1 jam yang dihadiri Bupati Irna Narulita dan seluruh anggota dewan.

Sekretaris DPRD Pandeglang, Entis Sutisna yang membacakan surat keputusan itu, dengan nama-nama personil Badan Kehormatan Dewan diketuai oleh Abdul Azis,SE dari Fraksi PKS, wakil ketua H Tb.Khotibul Umam,MPd dari Fraksi Golkar dan tiga anggota yaitu H.Yasin B Sanaca dari F-Gerindra, Endang Sumantri dari F-Demokrat dan Yadi Murodi dari F-PDI-Perjuangan telah ditanda tangani ketua DPRD Pandeglang tersebut.

” Bahwa salah satu tugas pokok BK dianataranya melaksanakan penyelidikan, verifikasi, dam klarifikasi. Salah satunya memanggil anggota dewan yang diduga melakukan pelanggaran sumpah/janji dan kode etik untuk memberikan klarifikasi atas pengaduan dugaan pelanggaran yang dilakukan. Selain itu,meminta keterangan pelapor, saksi atau pihak lain yang terkait, termasuk untuk meminta dokumen/bukti lain, Menjatuhkan sanksi pada anggota dewan yang terbukti melanggar kode etik, ” ungkap Sekwan dalam penyampaian keputusan DPRD Pandeglang tentang BK tersebut.

Dalam melaksanakan tugasnya, BK DPRD Pandeglang lanjutnya, berkewajiban menjamin kerahasiaan pelapor dan hasil penelitian/pemeriksaan maupun dokumen atau alat bukti lainnya, secara hukum harus dirahasiakan.

” Anggota BK dipilih dan ditetapkan dalam rapat paripurna berdasarkan usulan dari masing-masing fraksi, ” katanya.

Diketahui dalam pembentukan Panitia Khusus Perumusan dan Pembahasan Peraturan Tata tertib DPRD Pandeglang beranggotakan 15 orang anggota dewan yang diketuai Rika Kartikasari,M.Psi dari Fraksi Gerindra dan Wakil Ketua Dadi Rajadi,SE dari Fraksi Nasdem-Perindo. (dni/yaris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *