Jadi Pusat Kajian Islam, Masjid Agung Tanara Ditata

SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, pembangunan penataan kawasan Masjid Tanara diprediksi akan meningkatkan geliat wisata, khususnya di bidang religi. Hal itu, dikatakan Tatu saat mendampingi Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan KEMENPAR untuk meletakan batu pertama (groundbreaking) di Kawasan Masjid Syech Nawawi Al Bantani, Kamis (03/10/2019).

Tatu juga mengusulkan, agar Mesjid Syech Nawawi Al Jawi Al Bantani dapat difungsikan sebagai pusat dakwah dan studi agama Islam. Menurutnya, kawasan tersebut terdapat unsur historis dan religi yang bisa dikelola secara mendalam oleh peziarah atau wisatawan.

“Ketika nanti penataan ini sudah selesai, masyarakat bisa memelihara, Insya Allah potensi wisata religi di Mesjid Syech Nawawi ini akan meningkat. Semoga bisa kembangkan jadi pusat studi Islam,” ungkapnya.

Selain itu, Ia juga mengapresiasi pemerintah pusat yang secara intens membantu Kabupaten Serang untuk mewujudkan wisata religi. Sehingga, bisa membangun perekonomian masyarakat sekitar.

“Selama 6 bulan ini Kami akan lakukan pemeliharaan di kawasan ini,” tuturnya.

Diketahui, rencana pembangunan dan penataan tersebut akan dilakukan pada bagian pelataran yang terdiri dari halaman terbuka, gerbang, plaza, toilet, drainase, dan pembangunan menara air minum. Selain mempermudah masyarakat beribadah, renacananya juga difungsikan sebagai lokasi wisata religi, melalui pembangunan sejumlah fasilitas penunjang, seperti pusat oleh-oleh, area pergola, dan Monumen Kitab Kuning.

“Alhamdulillah, kami sangat apresiasi kepedulian pemerintah pusat yang sudah membangun wisata religi di Tanara,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Bina Penataan Bangunan Kementrian PUPR, Diana Kusumastuti mengatakan, penataan kompleks Mesjid Syech Nawawi Al Jawi Al Bantani ini menghabiskan anggaran sekitar Rp 5 miliar.

“Diharapkan setelah pembangunan ini selesai, para tokoh termasuk masyarakat setempat bisa memelihara kebersihan dan fasilitas,” pintanya. (tis/yaris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *