Bupati Lebak Meninjau Dan Memberikan Bantuan Korban Kebakaran Di Baduy.

LEBAK – Pasca sehari setelah kebakaran yang terjadi di Perkampungan warga suku Baduy Luar di Kampung Kadugede, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, yang terjadi pada Kamis (12/9/2029) tersebut,

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya bersama seluruh jajarannya langsung mengunjungi lokasi kebakaran sekaligus memberikan bantuan, Jum’at (13/9/2019).

Sebelum kunjungan Bupati Lebak, Pemerintah Daerah Lebak melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dan Dinas Sosial Lebak dihari terjadinya kebakaran, langsung menerjunkan Tim ke lokasi kebakaran guna membantu masyarakat yang tertimpa musibah kebakaran tersebut.

Usai meninjau kondisi lokasi terjadinya kebakaran, Bupati Lebak menjelaskan ada kurang lebih 38 kepala keluarga yang rumahnya hangus terbakar dan 4 rumah yang dapat diselamatkan, serta 75 Leuit (Lumbung Padi) yang turut ikut terbakar dengan kerugian mencapai kurang lebih 900 juta rupiah.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, namun ada beberapa yang luka ringan tapi sudah ditangani oleh puskesmas dan sudah diperbolehkan pulang” Ungkap Bupati Lebak

Iti juga menyampaikan bahwa pemerintah daerah akan berupaya membantu membangun kembali rumah-rumah masyarakat yang terbakar dan juga akan melakukan koordinasi dengan Kementrian Sosial RI terkait bantuan pembangunan rumah yang terbakar ini.

“Besok kementrian sosial akan assesment langsung kesini, karena ini lebih dari 30 rumah, dan biasanya kalau lebih dari 30 rumah itu kewenangannya ada di kementrian sosial” Ungkap

Lebih lanjut, Bupati Lebak mengatakan sementara proses assesment dari kementrian sosial, Pemerintah Daerah Lebak akan memenuhi seluruh kebutuhan sandang pangan masyarakat korban kebakaran.

Sementara itu, Tokoh adat Baduy Jaro Tanggungan 12 Ayah Saidi Putera mengatakan agar masyarakat yang rumahnya hangus terbakar untuk menyadarinya sebagai musibah dan ini sudah takdir sehingga dapat menerimanya.

“Kami sangat membutuhkan bantuan untuk membangun kembali rumah biarpun sederhana yah” ujar Jaro Saidi

Untuk diketahui sampai saay ini Pemerintah Daerah Lebak telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban kebakaran berupa bantuan beras 1ton, terpal 100 buah,mie instan 100 dus, selimut 100 buah, tikar 100 buah, paket kebersihan 100 paket, lauk pauk 6 dus, sarden 1 dus, sandang 80 paket serta air mineral 50 dus. (JM/yaris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *