oleh

Ingin Majukan Ponpes Dan Kampungnya, Ustad Salman Tanam Komiditi Hortikultura

PANDEGLANG – Ustadz Salman Aljabal pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Kirom, Desa Parigi, Kecamatan Saketi, menanam berbagai komoditas hortikultura. Hal ini terungkap saat panen raya bersama Bupati Pandeglang Irna Narulita, Kamis (11/07).

Saat ditanya motivasi mengembangkan komiditi hortikultura, Salman mengaku pengembangan ini untuk memajukan ponpes dan ekonomi masyarakat sekitar.

“Dalam pengembangan komoditi ini ada 6 kelompok tani yang terlibat, semua masyakat kami yang ingin memajukan drajat ekonominya dan alhamdulillah terwujud,” katanya.

Masih kata Salman, 6 komoditi yang dikembangkan adalah Kacang Panjang, Cabai Merah, Oyong, Pare, Terong, dan Timun.

“Hasilnya alhamdulillah melimpah, timun saja dari 24 ribu batang sudah panen 4,5 ton, hingga terakhir panen nanti mencapai 15 ton. Dan cabai merah dari 6000 batang saat ini sudah panen 2,5 ton,” terangnya.

Untuk pemasaran, dikatakan Salman, dirinya menjual hasil panen hortikultura yang dikembangkannya ke pasar induk rau, keramat jati, dan tanah tinggi.

“Untuk harga memang pluktuatif, namun tetap masih ada untung. Dan kami juga berterimakasih kepada Dinas Pertanian Bidang Hortikultura untuk pendampingannya,” katanya.

Melihat pengembangan komoditas hortikuktura yang dilakukan ustad Salman, Bupati Pandeglang Irna Narulita memberikan apresiasi. Kata Irna, hal seperti ini bisa menjadi contoh bagi ponpes lainnya yang ada di Pandeglang.

“Belajar ilmu sambil bertani itu sangat bagus, dengan begitu bisa menjadi seimbang. Dan tidak ada tanah yang tidur, akhirnya semua diberdayakan. Seperti tadi bisa panen ketimun, kacang panjang, pare, terong, cabai dan oyong,” kata Irna

Agar efektif dan efisien dan meningkatkan produktifitas dalam pengolahan serta pengembangan pertanian, pihak Distam harus terus melakukan pendampingan kepada para petani.

“Bagaimana metode penanaman nya baik, dan dan diterima dipasar, ini perlu dipelajari. Dan harus menggunakan alsintan agar cepat dalam pengolahan lahannya,” ujarnya.

Hadir dalam acara ini Kepala Dinas DPMPD Taufik Hidayat, Kadia Pertanian Budi S Januardi, dan Camat Saketi Hasan Bisri. (dni/yaris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed