Huntara Selesai, Huntap Akan Digulirkan

PANDEGLANG – Pembangunan Hunian Sementara (Huntara) untuk para korban bencana tsunami selat sunda di Pandeglang saat ini sudah selesai di beberapa Kecamatan. Setelah ini, tahapan selanjutnya adalah pembuatan Hunian Tetap (Huntap) yang sudah ditetapkan lokasinya.

“Ada 9 lokasi yang akan dibangun huntap diantaranya Kecamatan Panimbang di tanah Reforma Agraria dab Labuan di Kampung Cebenda Desa Teluk,” kata Sekretaris Daerah Pandeglang Pery Hasanudin usai acara Rapat Koordinasi pembahasan Huntap di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Rabu (10/7).

Dikatakan Pery, jika pengadaan tanah yang akan digunakan untuk pembangunan huntap adalah dari pihak Provinsi Banten.

“Pembebasan tanahnya nanti provinsi yang akan membebaskan. Memang, mereka juga sudah melakukan survey lapangan tinggal proses selanjutnya,” ujarnya.

Terkait rumah masyarakat yang rusak ringan dan tidak masuk kedalam pembagian huntap, menurut Pery, akan difasilitasi oleh Provinsi Banten.

“Mungkin nanti mereka akan mendapatkan bantuan perbaikan karena rumah nya rusak ringan,” imbuhnya.

Agar tidak ada kesalahan, Pery juga mengungkapkan akan dilakukan veryfikasi data By name By adress-nya.” Kita lakukan cek kembali, jangan sampai ada kesalahan data, jadi datanya harus valid,” tutupnya.

Sementara Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Pandeglang Deni Kurnia mengatakan yang akan menerima huntap kurang lebih 709 Kepala Keluarga (KK), dengan ukuran rumah 90 M2.

“Diperkirakan 63,8 hektar lahan yang akan digunakan untuk huntap, semua pengadaan lahannya oleh pihak Provinsi Banten,” ungkapnya.

Terkait dimulainya pembangunan, kata Deni, akan menunggu dana hibah terlebih dari Kementerian Keuangan (Kemenke) melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Masing – masing KK akan mendapatkan sebesar 50 juta, untuk protype nya sudah dirancang oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR),” pungkasnya. (dni/yaris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *