oleh

Dua Kecamatan di Lebak Diterjang Banjir, Ratusan Rumah Rusak Berat, Kodim 0603 Lebak Bantu Evakuasi

LEBAK – Hujan deras yang mengguyur di sebagian wilayah Kabupaten Lebak bagian utara yakni, di dua Kecamatan, Kecamatan Sajira dan Kecamatan Muncang, mengakibatkan banjir bandang di beberapa kampung di dua Kecamatan tersebut. 

Akibat peristiwa yang terjadi pada Rabu (22/5) sekira pukul 17.30 WIB itu, ratusan rumah terendam, puluhan rusak berat bahkan beberapa fasilitas umum dilaporkan juga mengalami kerusakan dan dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Danramil Koramil 0304 Sajira, Kapten Inf Asmail mengatakan, di Kecamatan Sajira dan Muncang dilaporkan ratusan rumah terendam, puluhan rusak berat bahkan beberapa fasilitas umum dilaporkan juga mengalami kerusakan.

“Di Kecamatan Sajira yang terdampak ada 4 Desa, yakni Desa Margaluyu dilaporkan 50 rumah terendam, 20 rumah rusak berat dan 1 jembatan putus. Sedangkan, di Desa Sindangsari dilaporkan 17 rumah terpendam,” kata Danramil saat dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis (24/5/2019). 

Lebih lanjut, ia mengatakan, di Desa Sukanagara dilaporkan 28 Kobong santri terendam, 2 rumah hanyut serta 24 rumah terendam. 

“Sementara, di Desa Rangkas Maraya dilaporkan 3 rumah rusak berat dan Kobong Ponpes 33 pintu, dapur umum dan Majlis Taklim rusak berat,” terangnya. 

Sementara itu, lanjut Danramil, di Kecamatan Muncang terdapat 2 Desa terdampak banjir bandang, yakni di Desa Sukanegara dan Desa Leuwi Co’o. 

“Di Desa Sukanegara dilaporkan 4 rumah rusak berat, 1 warung rusak berat Pagar SD roboh dan Kobong Ponpes 6 pintu rusak berat. Dan Desa Leuwi Co’o dilaporkan 1 rumah rusak berat tertimpa longsor, 4 rumah/bangunan yang terendam dan mengalami kerusakan adalah yang berlokasi di bantaran Sungai CIlaki,” jelasnya. 

Untuk warga yang terdampak banjir mengungsi di rumah warga lainnya atau tetangga sebari membersihkan lumpur-lumpur yang telah menggenangi rumah.

“Sementara korban ngungsi di tetangganya sambil bersih-bersih pasca banjir,” tutup Danramil. 

Terpisah, Dandim Kodim 0603 Lebak Letkol Kav Yudha Setiawan mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan 1 SSK dan dibantu 2 Koramil yakni Koramil Sajira dan Muncang. 

“Anggota diterjunkan ke lokasi terdampak untuk membantu mengevakuasi berbaur dengan masyarakat, BPBD, Polri dan Tagana,” ujarnya. 

Dijelaskan Dandim, besok ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana 0603 Lebak berencana turun langsung ke lokasi terdampak untuk memberikan bantuan berupa sembako. 

“Guna meringankan beban warga terdampak banjir bandang, ibu-ibu Persit besok (Jum’at-red) berencana ke lokasi untuk memberikan bantuan,” pungkasnya.(bud/yaris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed