oleh

Petani di Desa Sukanegara Muncang Minta Pemerintah Bangun Embung

LEBAK – Masyarakat petani di Desa Sukanegara dan desa-desa lainnya di Kecamatan Muncang, Kabupaten Lebak berharap Pemerintah Daerah setempat membangun Embung di desanya untuk pasokan air ke rumah dan ke lahan pertaniannya.

Salah seorang warga kampung Cirangrang Desa Sukanegara, Sayubi mengungkapkan, bahwa pertanian di desanya sering terkendala akibat pasokan air yang tersendat, sehingga hasil pertanian tidak memuaskan.

“Sumber air yang berasal dari Situ Cibugang tidak maksimal, padahal air disitu tersebut sangat bagus tidak pernah mengering, hal itu akibat belum dibangunnya Embung,” ujarnya.

Berdasarkan kondisi tersebut, pihaknya selaku warga petani berharap kepada Pemerintah melalui Dinas Pertanian segera bertindak membangunkan embung disitu Cibugang tersebut, sehingga proses mengolah pertanian tidak terkendala akibat tidak ada air.

Sementara itu, Saikam, Kepala Desa Sukanegara membenarkan, bahwa pasokan air ke lahan pertanian dan ke masyarakat desanya dari Situ Cibugang tersendat tidak maksimal, hal itu akibat kondisi Situ yang belum tertata dengan benar padahal pasokan air kepesawahan dan kebutuhan masyarakat sangat tergantung dari Situ tersebut.

“Kalo dibangun embung di Situ Cibugang tersebut oleh Pemerintah, pasti kebutuhan air untuk masyarakat dan pertanian akan tercukupi,” imbuhnya.

Menurutnya, apabila Situ Cibugang tersebut dibantu oleh Pemerintah dengan pembangunan Embung maka kebutuhan air untuk pertanian dan masyarakat tidak lagi terganggu.

“Sehingga hasil tani ratusan hektar pesawahan, baik milik warga desanya maupun milik warga didesa lain bisa maxsimal,” katanya.(bud/yaris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed